Lakukan Trik Ini Agar Laptop Kamu Awet Tidak Cepat Rusak !

Selamat malam sob. Kali ini saya akan mengulas trik agar laptop awet dan tidak cepat rusak. Walaupun sekarang sudah mulai masuk ke-era mobilitas seperti smartphone dan gadget namun peran laptop sampai sekarang masih belum bisa digantikan oleh perangkat tersebut.

cara agar laptop awet dan tidak cepat rusak hardisk image

Kalangan seperti pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran hingga pekerja kreatif, laptop merupakan senjata utama atau sudah menjadi kebutuhan untuk berbagai kegiatan seperti mengerjakan tugas ataupun untuk mendulang rejeki.

Umumnya ketika membeli laptop kita berharap agar laptop tersebut bisa digunakan untuk waktu yang lama atau setidaknya bisa dipakai selama 3 tahun atau pun lebih. ketika membeli laptop kita juga berharap agar laptop tersebut bisa diandalkan untuk berbagai keperluan.

Namun sering tanpa disadari banyak orang yang sering melakukan hal - hal kecil atau sepele yang membuat laptop cepat rusak. Kesalahan kecil terkadang bisa membuat performa laptop menurun seperti loadingnya lambat, cepat panas, baterai soak dan lain - lain.

Cara agar laptop awet dan tidak cepat rusak


Untuk itu perlu pengetahuan perawatan agar laptop kamu awet sehingga bisa dipakai dalam kurun waktu yang lama. Simak trik yang harus kamu lakukan agar laptop kamu tidak cepat rusak dibawah ini !

1. Tidak menutup laptop dalam keadaan hidup

Mungkin kamu sering menutup laptop dalam keadaan hidup. Hal ini kalo dilakukan sesekali saja tidak akan menyebabkan masalah, namun jika kamu sering melakukannya akan sangat berbahaya bagi komponen laptop. Laptop sendiri harus dimatikan sesuai prosedur agar panas yang dihasilkan laptop tersalurkan dengan baik.

Setelah shut down laptop sebaiknya kamu juga menunggunya beberapa saat dan jangan langsung menutup laptop agar layarnya tidak terkena panas yang dihasilkan prosesor pada bagian bawah keyboard.

2. Mengikuti prosedur charger yang benar

Pernah gak sobat berfikir sebenarnya melakukan pengisian daya ada prosedurnya dan prosedur yang benar itu gimana sih ? Mungkin hal ini terdengar sepele tapi cara ini perlu kamu ketahui soalnya salah salah bisa menyebabkan motherboard laptop kamu cepat mengalami kerusakan.

Prosedur yang benar yaitu dengan menyambung charge terlebih dahulu ke colokan listrik kemudian baru sambungkan ke laptop. Hal ini dilakukan untuk menghindari loncatan daya listrik yang tidak stabil pada charger jika tidak dilakukan sesuai prosedur yang benar.

3. Melakukan pengisian daya baterai yang tepat

Kebanyakan orang melakukan pengisian daya baterai laptop walaupun baterai belum habis untuk jaga - jaga agar ketika laptop dibawa keluar tidak melakukan pengisian dan tidak perlu mencari colokan listrik lagi.

Namun, kami menyarankan agar melakukan pengisian daya baterai ketika dayanya hampir habis atau mencapai level 10 persen serta tidak membiarkan baterai laptop berada dalam keadaan kosong. Kemudian jangan pula melakukan pengisian daya baterai jika masih di atas 30 persen karena hal ini akan mengurangi kemampuan baterai dalam menyuplai daya.

4.  Tidak melepas baterai laptop dan menyambungkan ke colokan listrik

Mungkin kamu pernah membuka baterai laptop dan menyambungkannya kelistrik lalu menggunakannya ? Pikiran agar baterai laptop tetap awet menjadi tujuan kamu melakukan ini. Padahal cara tersebut malah bisa merusakan motherboard laptop.

Hal ini dikarenakan loncatan daya listrik yang masuk tidak teratur bahkan dapat menyebabkan korsleting. Iya sih baterainya bisa tahan lama, tapi laptop nya yang rusak, kan gawat jadinya punya baterai tapi gak punya laptop -___-.

5. Tidak menempatkan laptop di pangkuan atau di kasur

Bersantai dirumah memungkinkan orang - orang menggunakan dan menempatkan laptop dimana saja. Seperti menggunakannya dipangkuan atas paha atau meletakkan serta menggunakannya diatas kasur.

Jika kamu sering melakukannya, kami menyarankan untuk tidak melakukan kebiasaan ini lagi. Soalnya kebiasaan ini membuat aliran udara pada bagian bawah laptop menjadi terhambat dan panas yang dihasilkan tidak bisa keluar dan mengendap. Jika sudah terlampau panas maka laptop juga akan cepat rusak dan malah paha kamu juga akan terbakar.

6. Tidak mengangkat laptop dengan memegang layarnya saja

Entah itu malas atau terburu - buru mungkin kamu juga sering mengangkat laptop dengan hanya memegang bagian layarnya saja. Apapun alasan kamu, sebaiknya hentikan cara ini karena jika sering dilakukan, kebiasaan ini akan menyebabkan engsel dan LCD laptop kamu cepat rusak.

7. Tidak membongkar laptop sendiri

Jika laptop kamu rusak kami menyarankan untuk memperbaiki di service center resmi atau tempat reparasi laptop. Jangan membongkarnya sendiri jika kamu tidak punya pengetahuan tentang itu karena jika tidak punya alat yang lengkap dan keahlian yang mumpuni tentu akan berakibat fatal, kecuali jika kamu memang sudah ahli dibidang hardware komputer atau laptop.

Selain cara diatas kamu juga bisa melakukan perawatan seperti membersihkan bagian dalam laptop dengan membawannya ke teknisi komputer. Cara lainnya adalah dengan tidak menginstall sembarangan software atau uninstall aplikasi yang tidak terpakai agar terhindar dari kerusakan hardisk.

Oh iya jangan terlalu sering juga mematikan laptop secara paksa atau mencabut baterainya jika laptop ngehang. Jika laptop kamu sering nge-hang ada baiknya kamu melakukan identifikasi masalah yang menyebabkan terjadinya not responding / ngehang lalu menyelesaikannya dengan cara yang tepat.

0 komentar:

Posting Komentar