Inilah Smartphone Dengan Sinyal Paling Kuat Pada Jaringan LTE !

Sebuah tim peneliti dari Denmark berasal dari Aalborgs University melakukan uji coba terhadap 26 tipe smartphone dengan sinyal paling kuat yang mempunyai daya tangkap jaringan LTE yang paling bagus.



Tim peneliti ini juga melakukan uji coba pada merek smartphone populer yang diantaranya sebagai berikut :

Samsung Galaxy S7
Galaxy S7 Edge

Apple iPhone 6S
iPhone 6S Plus
iPhone SE

Sony Xperia Z5
Xperia Z5 Compact

Microsoft Lumia 640
Lumia 650

Nexus 6P  Nexus 5X
Huawei P9  Xiaomi Mi5  dan HTC 10

Hasil Uji Coba Smartphone Dengan Sinyal Paling Kuat


Ujicoba smartphone dengan sinyal LTE terkuat ini diuji pada 3 jenis jaringan LTE yaitu, LTE 800, LTE 1800, dan LTE 2600. Berikut hasil uji cobanya yang sudah saya rangkum dari teknokompas dan ZDNet :

Pada uji coba dijaringan LTE 800 MHz, Microsoft Lumia mendapat nilai paling tinggi yaitu -93,1 dBm seperti yang ditulis di teknokompas.

Lalu Samsung Galaxy S6 Edge menduduki posisi kedua dengan raihan nilai -92,8 dBm dan Samsung Galaxy S7 Edge meraih posisi ketiga dengan nilai -92,2 dBm.

Pada kategori jaringan LTE 1800 MHz, Samsung Galaxy S7 edge menjadi juara pertama dengan raihan skor -94,8. Lalu posisi kedua dengan skor -94,7 diduduki oleh smartphone Nexus 6P, sementara posisi ketiga diduduki oleh lumia 640 dengan skor -93,8 dBm.

Lalu yang terakhir pada jaringan LTE 2600 Mhz, posisi ketiga diraih oleh Samsung Galaxy S7 dengan raihan nilai -89,9 dBm. Sony Xperia Z5 Compact menduduki peringkat kedua dengan raihan skor -91,1 dan peringkat pertama disabet oleh Samsung Galaxy S5 Mini dengan nilai -921,5 dBm.

Hasil skor yang didapati smartphone diatas diuji coba pada daerah yang mempunyai frekuensi jaringan lemah. Pengujian ini dilakukan bukan tidak ada dasarnya, pengujian ini didasari dengan pengukuran Total Isotropic Sensitivity (TIS).

Total Isotropic Sensitivity (TIS) adalah parameter pada antena dan radio pada smartphone dengan satuan dBm atau decibel-miliwatts.

Lumia 640 pada jaringan LTE 800 mHZ dengan skor -93,1 dBm lebih unggul dalam daya tangkap sinyalnya dibandingkan dengan Samsung Galaxy S7 dengan skor -92,2 dBm dalam zona dengan sinyal yang lemah.

Dalam penelitian ini juga, otoritas telekomunikasi Denmark juga menarik kesimpulan bahwa smartphone akan bekerja menangkap sinyal dengan baik jika smartphone dalam keadaan tidak digenggam. Performa daya tangkap sinyal paling buruk jika smartphone diletakkan diatas kepala.

Rincin Hasil Penelitian Smartphone Dengan Sinyal Paling Kuat


Untuk rincian hasil dari penelitian smartphone dengan daya tangkap sinyal paling kuat bisa kamu lihat ditautan ini.

Saya juga merasakan bahwa smartphone ketika digenggam hanya dapat menangkap sinyal dengan kualitas edge karena saya berada didaerah yang cukup jauh dari kota. Namun ketika smartphone saya letakan disuatu tempat atau didiamkan kadang bisa menangkap sinyal h+.

Oke mungkin itu saja dari saya tentang smartphone dengan sinyal LTE paling kuat. Mungkin bisa menjadi pilihan kamu jika ingin membeli smartphone nantinya. Semoga bermanfaat, terima kasih telah membaca.

0 komentar:

Posting Komentar