Review Smartphone Xiaomi Mi5 64GB


Pertama kali diumumkan, Xiaomi Mi5 sudah menggemparkan. Dengan harga kisaran 4-5 jutaan, Xiaomi Mi5 sudah dilengkapi dengan salah satu prosesor (SoC) terkencang di dunia untuk smartphone, Snapdragon 820.




Beda versi 32GB, 64GB, dan Versi Pro 128GB


Xiaomi Mi5 yang kami uji kali ini adalah yang memiliki varian memori internal 64GB. Meski ukuran RAM-nya sama dengan versi 32GB (sama-sama 3GB RAM), versi bermemori internal 64GB ini memiliki keunggulan unik. Versi 64GB menggunakan prosesor Snapdragon 820 yang bekerja pada kecepatan maksimum 2,15 GHz. Sementara, versi 32GB menggunakan prosesor yang sama tapi kecepatan maksiumumnya “hanya” 1,8 GHz. Sementara itu, versi Pro adalah versi yang menggunakan Snapdragon 820 2.15 GHz, RAM 4GB, dan internal memori 128GB.


Desain: Tidak Meniru Apple!


Ya, tampaknya masanya meniru bentuk Apple iPhone sudah berakhir. Xiaomi pun mengikuti tren serupa. Xiaomi Mi5 tidak menggunakan desain seperti iPhone. Anda tidak akan menemukan 2 garis di sisi punggng Xiaomi Mi5 ini. Bagus? Ya, tapi entah kenapa, Mi5 tampak mengadopsi bentuk lis samping dari keluarga Samsung S6/S7 dan Note 5.




Dari sisi muka, kita bisa melihat sebuah layar IPS berukuran 5,15” dengan resolusi 1920×1080. Ya, agak rendah untuk ukuran sebuah smartphone kelas premium. Akan tetapi, Xiaomi mengatakan bahwa resolusi ini sudah mencukupi. Ada benarnya, karena kerapatannya pun sudah sangat tinggi. Anda mungkin baru akan protes dengan resolusi ini saat menggunakannya dengan kacamata VR.


Tentu saja, di sisi atas bagian muka ini kita pun menemukan sebuah kamera “selfie” bersolusi 4 megapiksel. Kecil? Mungkin, tapi Xiaomi menggunakan sensor yang agak besar. Jadi, sensor kamera selfie ini harusnya bisa menyuguhkan kualitas gambar yang cukup baik.


Sementara itu, di sisi bawah Anda akan menemukan sebuah tombol ‘home’ yang permanen, dilengkapi dengan dua tombol navigasi (capacitive) lainnya di sisi kanan dan kirinya.




Tombol power dan volume dapat ditemui di sisi kanan smartphone ini. Ya, ini adalah layout yang cukup standar, memang.




Sisi kiri Mi5 hanya berisikan slot untuk dua SIM card saja. Tidak, Anda tidak memiliki opsi untuk memasang MicroSD. Mi5 bahkan tidak menggunakan sistem combo atau hybrid slot.




Di sisi atas, Anda akan menemukan sebuah jack 3,5mm stereo. Uniknya, di sisi ini kita menemukan adanya IR tranciever. Ya, Mi5 masih dilengkapi dengan pengendali inframerah yang membuatnya menjadi sebuah remote control universal.




Di sisi bawah, seperti biasa, kita bisa melihat jajaran lubang untuk speaker. Yang unik di sisi ini adalah terlihat bahwa Mi5 sudah menggunakan konektor USB type C yang baru. Tenang, mereka pun memastikan bahwa sebuah kabel USB type C sudah tersedia dalam paket penjualan.




Di sisi belakang, Anda hanya akan bisa menemui sebuah kamera dengan lampu duo-tone. Tidak ada yang spesial, bukan? Akan tetapi, Xiaomi menjanjikan bahwa kamera 16 megapiksel yang terdapat di sisi belakang ini bisa menyuguhkan hasil foto berkualitas saat tinggi.



Uji Performa

Pengujian performa kali ini menjadi sangat menarik. Karena, kami harus mencarikan padanan dari Xiaomi Mi5 ini, sekaligus pembanding lainnya yang bisa menggambarkan kemampuannya. Ini cukup susah, karena Mi5 memiliki kemampuan yang amat tinggi. Pembanding yang setara tentunya harus diambil dari skor Samsung Galaxy S7 Edge (review lengkap akan menyusul). Sementara, untuk pembanding performa dari flagship atau jawara tahun lalu, kami ambilkan Samsung Galaxy Note 5. Lalu untuk menggambarkan kemampuan baterainya, kami pilih Xiaomi Redmi Note 3 (Pro) yang fenomenal dengan performa dan daya tahan baterainya (dan harganya).

ANTUTU

Ini adalah pengujian paling klasik yang sering digunakan. Perhatikan bahwa kami menggunakan ANTUTU 6.01 untuk pengujian ini. Sebab, database kami sejak 2016 sudah menggunakan tipe ini. Jika Anda menguji dengan ANTUTU 6.1.x, maka hasil pengujian sudah tidak bisa dibandingkan dengan hasil pengujian kami ini.Ini adalah benchmark Antutu yang kami pakai sebagai acuan.

Jika Anda baru menginstalasi Antutu, maka ini adalah hasil uji dengan software Antutu terbaru. Sesuai dengan janji Xiaomi yang mencapai kisaran 140an ribu.






GEEKBENCH 3

Ini adalah pengujian unik. Hanya menguji sisi prosesor saja. Akan tetapi, pengujian ini cukup konsisten jadi bisa digunakan acuan yang cukup baik. Skor single core akan menggambarkan kenyamanan penggunaan sehari-hari. Smartphone kelas premium akan memiliki skor 1000 atau lebih. Sementara untuk kelas menengah skornya berkisar 650-900.






PCMARK

Ini adalah pengujian yang lebih kompleks. Hasil pengujian ini menampilkan kemampuan menyeluruh dari sebuah smartphone untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk performa olah video dan gambar.





3DMARK

Ini adalah indikator performa gaming maksimum. 3DMark akan menguras kemampuan 3D dan prosesor smartphone yang terkait dengan kemampuan gaming.





Nyaris semua pengujian menunjukkan bahwa Xiaomi Mi5 adalah smartphone terkencang yang bisa dibeli di Indonesia. Performanya cenderung sedikit lebih baik dibandingkan Samsung Galaxy S7 Edge. Akan tetapi, perlu diingat bahwa sebagian besar software pengujian ini akan terpengaruh oleh resolusi layar yang lebih rendah pada Mi5, jika dibandingkan dengan S7 Edge.



Pengujian Kamera

Xiaomi Mi5 menjanjikan kualitas kamera terbaik dengan image sensor Sony 16 megapiksel. Mulai dari elemen lensa terbaik hingga optical image stabilizer 4 axis yang harusnya super-efisien dalam mengendalikan getaran/guncangan tangan. Sementara itu, untuk kamera selfie-nya, Xiaomi menjanjikan kualitas baik meski kameranya “hanya” 4 megapiksel. Mari kita lihat hasil fotonya.


Pengujian Kamera Utama

Dari Beberapa hasil foto yang kami ambil dalam kondisi outdoor di bawah sinar matahari, bisa dibilang Xiaomi Mi5 ini memang memiliki kamera dengan kualitas gambar setara dengan Samsung Galaxy S7 dan Note 5. Detail yang direkam sangat baik. Sementara itu, dynamic range pun cukup baik dalam kondisi pemotretan normal.Dynamic range cukup baik dapat terlihat pada gambar ini. Tidak banyak smartphone yang mampu menangkap kontras tinggi seperti ini dengan baik.

Bahkan di bawah naungan bayangan pun, warna masih bisa tampil cukup baik.

Suka mengabadikan foto makanan? Image stabilizer yang baik dan kualitas sensor kelas atas membuat aktivitas tersebut bisa dilakukan dengan cepat dan menghasilkan foto yang mantap.



HDR: Penggunaan HDR membuat hasil foto menjadi kian natural. Kontras tinggi yang berlebihan tampak hilang dan hasil foto tetap menampilkan warna cemerlang.


Atas: Tanpa HDR. Bawah: Dengan HDR Jelas sekali perbedaan hasil foto saat menggunakan HDR, bukan?



Dalam pengujian di malam hari, bisa dilihat bahwa Xiaomi memilih untuk menyuguhkan detail tinggi. Hal ini tentu saja bisa memicu terjadinya noise. Pada foto dengan langit gelap di malam hari, Anda dapat dengan mudah melihat noise yang cukup merata. Akan tetapi, di dalam foto yang sama, Anda bisa melihat bahwa detail pun terjaga tetap baik.

Pencahayaan merata akan sangat membantu hasil foto Mi5, meski intensitas cahayanya sebenarnya kurang baik.


Cek foto ini dengan seksama (unduh bila perlu). Perhatikan bahwa noise bermunculan di sisi langit. Sementara detail tetap terjaga di gedung dan dedaunan.

Kamera Selfie: Hasil yang ditampilkan tergolong sangat baik. Detail terjaga rapi dan noise pun cukup bisa ditekan. Agak disayangkan, resolusinya “hanya” 4 Megapiksel. Hal ini membuatnya tidak bisa bersaing dengan yang terbaik untuk kamera selfie seperti LG G5 dan Lenovo Vibeshot.



Pengujian Daya Tahan Baterai

Mengusung baterai “standar” 3000 mAh, kami sudah tidak berharap banyak akan performa ketahanan baterai Xiaomi Mi5. Akan tetapi, SoC baru yang berperforma tinggi hanya dengan 4 core di dalam Mi5 ini memang seharusnya menjanjikan konsumsi daya rendah. Hasil pengujian kami menunjukkan bahwa Xiaomi Mi5 ini memang layak diacungi jempol. Dengan performa yang cukup jauh di atas Redmi Note 3 Pro (4000 mAh), daya tahan baterainya mampu mendekati smartphone terjangkau yang fenomenal tersebut. Perolehan waktu 10 jam dan 15 menit adalah hasil yang sangat baik. Tampaknya, memang Smartphone kelas premium di tahun 2016 harus mampu mencapai minimal skor 9 jam dengan PCMark.





Pengisian Baterai

Mengusung Quick Charge 3, Xiaomi Mi5 pun dijanjikan mampu mengisi baterainya dengan cepat namun dingin. Hasil pengujian pengisian baterai menunjukkan bahwa dari konsisi 1% hingga 100%, Xiaomi Mi5 dengan charger-nya hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 40 menit. Sebuah pencapaian yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan QC 2.0 atau Fast Charging pada Samsung S7 Edge (dengan baterai lebih besar). Akan tetapi, mengingat harga jualnya, kami tidak merasa bahwa ada yang perlu diprotes mengenai pencapaian ini.




Kesimpulan

Xiaomi Mi5 adalah salah salah satu smartphone terkencang di muka bumi ini, saat tulisan ini dibuat. Perlengkapannya memang mungkin tidak sepremium S7 Edge atau LG G5. Akan tetapi, harga yang ditawarkan sudah membuatnya sangat menggiurkan untuk dipersunting.


Daya tahan baterai yang tergolong tinggi dan kualitas kameranya di kondisi terang, menjadi alas an tambahan untuk meminang Mi5 ini. Sayangnya, memang ada beberapa hal yang mengganjal, seperti ketersediaannya di Indonesia yang tidak resmi dan tidak adanya slot MicroSD.

Jika Anda tidak mempermasalahkan ketiga kelemahan utama Mi5 ini dan memang mencari smartphone berukuran layar sekitar 5 inci yang berpenampilan cantik, tunggu apa lagi? Sangat susah mencari lawan yang sepadan di kelas harga Mi5 ini.


+ Performa amat tinggi

+ Kecerahan layar tergolong sangat baik

+ Hasil foto di atas rata-rata, dengan hasil di pencahayaan terang yang sangat baik

+ Daya tahan baterai sangat baik

+ Penampilan cantik (meski agak menyerupai Samsung)

+ Harga murah untuk kelas performa dan kelengkapannya



– Belum tersedia secara resmi di Indonesia (garansi tidak resmi)

– Resolusi layar “masih” 1920×1080

– Hasil foto dalam kondisi gelap masih menampilkan noise cukup tinggi

– Tidak ada slot MicroSD



Catatan: Mi5 versi 32GB akan menghasilkan skor yang secara signifikan berbeda dari Mi5 64GB yang kami uji kali ini.


Key Spec
ProdukXiaomi Mi5 64GB
Layar5.15″ HD (1920×1080) IPS
SoCSnapDragon 820 (4 Core, maks 2.15 GHz)
GPUAdreno 530
Memory3 GB RAM, 64 GB Internal Storage
Baterai3000 mAh
Konektivitas2G/3G/4G, Wi-Fi 802.11 b/g/n/ac Dual Band, DLNA
Bluetooth 4.2
Infrared
NFC
KameraKamera belakang: 16 MP, f/2.0
Kamera selfie: 4 MP, f/2.0
Sistem OperasiAndroid 6.0
HargaRp 5.000.000 – Rp 6.000.000 (Non Garansi Resmi)

0 komentar:

Posting Komentar