7 Solusi Mudah Untuk Android Yang Lemot

Smartphone android terkadang sering kali bikin jengkel karena lemot ketika sedang digunakan, apalagi disaat genting. Selain lemot, smartphone android juga sering crash. Tambah jengkelkan jadinya ? apalagi Android tersebut dibeli dengan harga yang tidak murah.

Kadang disitu saya merasa dirugikan.

Solusi Untuk Android Yang Lemot

Mungkin kamu juga mengalami saat pertama kali membeli smartphone android yang bekerja sangat cepat dan lancar. Namun setelah digunakan dalam beberapa bulan performanya jadi menurun jadi lelet atau lemot gitu.

Menurunnya performa android jadi lemot untuk beberapa kasus tertentu tidak terjadi permanen. Lemotnya kinerja android juga bisa disebabkan beberapa hal yang tidak kamu duga sebelumnya. Nah agar android kamu tidak lemot coba lakukan solusi mudah untuk android yang lelet yang telah saya rangkum dibawah ini agar performa android kamu kembali seperti semula !

Solusi untuk android lemot


1. Update Sistem Operasi

Agar android kamu tidak lemot pastikan untuk melakukan update sistem operasi Android yang kamu pakai. Caranya, pergi kemenu Setting > About device > Software update dan pilih Check for updates.

Jika update tersedia, segera download dan install ke smartphone kamu. Selain memperbaiki performa smartphone, update sistem operasi juga memberikan banyak fitur baru.

Namun tidak semua produsen smartphone memberikan update android terbaru untuk smartphone buatan mereka. Misalkan mereka hanya membekali Android 5.1 Lollipop tanpa ada update ke Android 6.1 Marshmallow. Bila itu terjadi pada smartphone kamu, maka tak banyak yang bisa kamu lakukan.

Selain itu juga pastikan kamu untuk update aplikasi dismartphone kamu agar kinerjanya tetap kencang karena setiap ada pembaruan aplikasi akan ada perbaikan dari segi performa, keamanan atau penambahan fitur.

2. Bersihkan home screen dari berbagai shortcut

Layar utama atau home screen smartphone seringkali dipenuhi shortcut aplikasi. Tujuan shortcut ini adalah untuk sebagai pemintas agar aplikasi lebih mudah ditemukan. Namun tanpa kamu sadari kebanyakan shortcut dapat membuat android menjadi lemot.

Untuk itu gunakan shortcut aplikasi seperlunya saja. Pasang shortcut aplikasi yang paling sering kamu gunakan saja. Selain itu hindari penggunaan wallpaper bergerak karena akan membebani kinerja smartphone.

3. Buang aplikasi yang tak terpakai

Jika dismartphone kamu terdapat aplikasi yang jarang sekali kamu pakai, saran saya segera hapus. Soalnya aplikasi tersebut hanya memenuhi ruang penyimpanan saja, hal ini bisa mengakibatkan android menjadi lemot.

Namun jika kamu tidak mau membuang aplikasi tersebut, kamu bisa saja mematikan / non-aktif agar tidak memakan memori.

Untuk mematikan aplikasi yang tidak terpakai masuk ke menu settings > app. Lalu akan ditampilkan aplikasi yang terpasang dan perhatikan aplikasi yang ada di sana !. Jika menurut kamu ada beberapa aplikasi yang tidak berguna, klik aplikasi tersebut lalu disable.

4. Tidak menggunakan animasi yang berlebihan

Agar android tidak lemot sebaiknya kurangi atau matikan fitur animasi yang terdapat pada android kamu. Caranya, pergi ke menu settings > developer options. Lalu kamu akan menemukan menu seperti Window animation scale, Transition animation scale, serta Animation duration scale. Kemudian, ubah angka defaultnya menjadi 0.5x atau pilih Animation off.

5. Membuang cache aplikasi

Sebuah aplikasi biasanya menyimpan cache data. Fungsinya adalah agar aplikasi bisa dibuka kembali dengan cepat. Tapi hal ini justru akan memperlambat kinerja ponsel jika dibiarkan menumpuk sehingga memakan banyak memori ketika melakukan pemrosesan data.

Untuk menghapus cache aplikasi coba masuk ke menu Settings > Apps, kemudian pilih aplikasi yang cache-nya ingin dihapus. Misalnya aplikasi facebook. Buka aplikasi facebook lalu pilih Clear Cache.

Namun pada setiap ponsel menu clear cache ini berada di posisi yang berbeda-beda. Percobaan yang saya lakukan pada sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow. Saya juga menemukan fitur Trash Cleaner, untuk membersihkan cache, ada dalam menu Storage.

Selain cara diatas kamu juga bisa menggunakan aplikasi semisal CC Cleaner atau Clean Master yang bisa didownload di google play.

6. Menon-aktifkan fitur auto-sync

Auto-sync adalah fitur otomatis yang mengambil data terbaru dalam rentang waktu tertentu, seperti menerima email terbaru. Fitur ini sebenarnya penting agar kita mendapat pemberitahuan ketika ada email baru yang masuk. Namun jika terlalu banyak aplikasi yang menggunakannya, maka fitur auto-sync dapat membuat android menjadi lemot.

Untuk itu aktifkan fitu auto-sync pada aplikasi yang menurut kamu penting saja. Jika aplikasi tersebut tidak terlalu penting atau jarang digunakan, matikan saja.

7. Factory reset

Solusi paling mudah untuk android yang lemot adalah melakukan Factory Reset. Factory Reset adalah software bawaan android yang mengembalikan kondisi smartphone sama dengan saat baru membelinya. Cara ini akan membersihkan data - data yang ada di dalam smartphone.

Langkah ini memang akan menghapus semua data maupun aplikasi yang sudah terpasang dismartphone. Nah untuk itu kamu perlu menyimpan data cadangan sebelum melakukan Factory reset. Melakukan factory reset secara rutin dijamin akan membuat kinerja smartphone tetap kencang.

Oke itu saja dari saya tentang solusi untuk android yang lemot. Mungkin kamu juga punya trik agar android tetap kencang. Jika iya silahkan kirim pada komentar dibawah. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca !

0 komentar:

Posting Komentar