4 Trik Mempercepat Koneksi Internet di Smartphone Android

Internet sekarang ini menjadi kebutuhan baru bagi para pengguna smartphone. Tanpa internet diandroid rasanya hampa sekali. Bisa dikatakan internet sekarang juga menjadi nyawa smartphone.

Trik Mempercepat Koneksi Internet di Android

Internet yang cepat menjadi dambaan semua pengguna sehingga menambah pengalaman browsing, berrmain game online, atau video streaming lebih menyenangkan tanpa gangguan lag.

Data yang saya dapatkan Indonesia sekarang menempati peringkat ke 8 sebagai negara dengan koneksi internet paling lelet di dunia.

Nah kalo gitu gimana dong cara mempercepat koneksi internet dismartphone ? Trik ini sebenarnya tergolong mudah. Namun masih banyak beberapa teman saya masih bertanya tentang topik utama postingan ini .

Trik Mempercepat Koneksi Internet di Smartphone


Dibawah ini adalah trik agar koneksi internet ngebut dismartphone kamu. Namun trik ini hanya berjalan pada jaringan 3G saja ! Silahkan lakukan trik ini jika koneksi internet kamu kurang wussssh !

1. Gunakan aplikasi Opera Max

Opera Max adalah browser yang cepat dan ringan. Hal ini akan berpengaruh terhadap koneksi internet android kamu. Browser opera max ini mampu mengoptimalkan jalur lalu lintas internet pada jaringan 3G.

Kelebihan lain aplikasi ini yaitu dapat menghemat penggunaan data internet dengan melakukan kompresi yang sudah dibekali pada browser ini. Kompresi dilakukan agar ukuran file menjadi lebih kecil. Ini tentu membuat jaringan internet kamu terasa lebih cepat.

2. Menggunakan mode Text Only.

Solusi internet cepat diandrpid selanjutnya adalah mematikan pemuatan gambar dibrowser yaitu dengan menggunakan mode text only.

Namun tidak semua browser memiliki fitur ini. Yang saya ketahui browser seperti UC Browser dan Opera Max sudah mendukung fitur Text Only ini.

Penggunaan mode ini akan memotong sebagian data yang direquest oleh user dengan mematikan pemuatan gambar sehingga kecepatan internet terasa lebih ringan dan cepat.

3. Menggunakan jaringan 3G atau WCDMA only

Cara mempercepat internet diandroid yang paling powerfull adalah dengan menggunakan jaringan 3G atau WCDMA only. Biasanya dismartphone android menggunakan layanan jaringan GPRS, EDGE, 3G, HSPA, dan 4G LTE.

Pada beberapa jaringan diatas punya kecepatan download yang berbeda - beda. GPRS adalah jaringan dengan kecepatan terlambat dan sedangkan untuk jaringan 4G LTE di Indonesia masih tergolong baru dan hanya smartphone tertentu juga yang mendukung jaringan tersebut.

Intinya saat ini Jaringan 3G atau WCDMA adalah jaringan tercepat dari lainya.

Untuk itu solusi internet cepat dismartphone, kamu harus menguncinya dijaringan 3G 3G atau WCDMA. Simak caranya dibawah ini !

  1. Masuk ke menu pengaturan
  2. Pilih lainya / other
  3. Kemudian pilih jaringan selular
  4. Tekan jenis jaringan yang di pilih
  5. Lalu pilih 3G
Atau kamu bisa menggunakan cara dibawah ini untuk mengunci jaringan 3G dismartphone kamu !

  1. Tekan : *#*#4636#*#*
  2. Jika sudah masuk, pilih informasi perangkat
  3. Lalu pilih WCDMA Only
Namun pada beberapa jenis android berbeda cara pengaturananya. Kamu bisa mengekspoler sesuai android yang kamu gunakan.

Perlu kamu ketahui jika ingin menggunakan cara ini kamu harus mengetahui jaringan yang mendukung pada area atau tempat kamu berada agar smartphone menangkap sinyal yang paling baik. 

Dengan begitu, smartphone bisa menggunakan jaringan yang paling bagus diarea tersebut.

4. Mematikan pemakaian data dilatar belakang dan non-aktifkan fitur autosync

Aplikasi sosial media seperti facebook, path, instagram atau twitter adalah contoh aplikasi yang menggunakan data dilatar belakang. 

Aplikasi yang berjalan di background diatas dapat mengurangi kecepatan internet dismartphone kamu karena internet smartphone kamu digunakan oleh beberapa aplikasi sekaligus. 

Nah agar internet smartphone kamu lebih lancar kamu harus mematikan data yang digunakan aplikasi yang berjalan di latar belakang tersebut.

Untuk mematikan data latar belakang, caranya adalah dengan masuk ke menu pengaturan kemudian pilih jaringan data dan pilih atau centang batasi data latar belakang.

Sedangkan aplikasi seperti gmail / email adalah aplikasi yang mensinkronisasi data secara otomatis. Untuk mematikan fitu auto sync masuk ke menu pengaturan > akun > tekan non aktifkan auto Sync.

5. Pilih paket internet yang berkualitas

Solusi internet agar lebih cepat diatas akan terasa percuma saja jika paket internet yang digunakan memang lambat.

Pada dasarnya kecepatan jaringan internet tergantung pada penyedia layanan atau ISP (internet service provider) masing-masing.

Saat ini sudah banyak provider yang menyediakan paket data internet yang murah dengan akses internet yang lebih cepat. Kamu harus jeli dalam memilih paket internet yang akan kamu pakai.

Selain dengan mengoptimalkan kecepatan internet smartphone dengan cara diatas, hal yang paling penting adalah dengan mengkondisikan sinyal tempat kamu berada. Hal ini bisa kamu lakukan dengan memakai operator dengan sinyal yang paling bagus. Menurut saya kecepatan internet smartphone adalah tentang ketersediaan sinyal.

Oke mungkin itu saja dari saya tentang trik mempercepat koneksi internet diandroid kamu. Sekian dari saya, semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca ! 

0 komentar:

Posting Komentar