Update Lengkap Mac OS Sierra 10.12.1, Ini Caranya !

MacOS Sierra sudah dirilis secara resmi oleh Apple sejak 25 September 2016 lalu untuk pengguna general user. Beberapa hari yang lalu Apple pun memberi update yang pertama kali macOS Sierra dengan versi 10.12.1.

Update MacOS Sierra 10.12.1

Seperti yang dilaporkan makemac, setidaknya ada enam perbaikan fitur dan beberapa tambahan dukungan seperti smart album untuk mengelola foto Depth Effect. Berikut daftar lengkap update lengkap MacOS Sierra 10.12.1 !

Update MacOS Sierra 10.12.1


  1. Adds an automatic smart album in Photos for Depth Effect images taken on iPhone 7 Plus
  2. Improves the compatibility of Microsoft Office when using iCloud Desktop and Documents
  3. Fixes an issue that may prevent Mail from updating when using a Microsoft Exchange account
  4. Fixes an issue that caused text to sometimes paste incorrectly when using Universal Clipboard
  5. Improves reliability of Auto Unlock with Apple Watch
  6. Improves security and stability in Safari

Catatan pertama update MacOS Sierra ini adalah fitur album pintar (smart album) Depth Effect. Depth Effect sendiri merupakan istilah untuk foto yang diambil menggunakan iPhone 7 plus (iOS 10.1) dalam mode potrait. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengakses data seperti mencari foto efek bokeh DSLR lebih mudah menggunakan iCloud Photo Library di MacOS Sierra versi terbaru ini.

Untuk user yang sering memanfaatkan iCloud Deskop and Documents, Apple juga meningkatkan kompatibilitas untuk dokumen seperti Microsoft Office. Apple juga melakukan perbaikan pada fitur Universal Clipboard yang banyak dilaporkan sering bermasalah saat melakukan paste teks dari komputer Mac ke iOS atau sebaliknya. Lalu perbaikan lain seperti keamanan safari browser, perbaikan Apple Watch dengan fitur Auto-Unlock.

Jika kamu sudah menggunakan macOS Sierra sebelumnya tapi ingin mendapatkan update terbaru, kamu dapat mengunduh update MacOS Sierra 10.12.1 ini di menu Software Update.

Persiapan sebelum install update Mac OS Sierra


Tapi jika sebelumnya kamu belum menggunakan MacOS Sierra dan ingin melakukan upgrade ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu ! Simak selengkapnya dibawah ini !

Memastikan Mac kamu masuk dalam daftar

Pastikan komputer mac kamu termasuk dalam daftar dukungan untuk mendapatkan Mac OS Sierra. Selain itu macOS Sierra juga memerlukan setidaknya 2 GB memori dan 8,8 GB ruang penyimpanan dan ini model Mac dan versi OS X yang mendukung upgrade ke Mac OS Sierra.

  • iMac (Akhir 2009 atau lebih baru)
  • MacBook (Akhir 2009 atau lebih baru)
  • MacBook Pro (Pertengahan 2010 atau lebih baru)
  • MacBook Air (Akhir 2010 atau yang lebih baru)
  • Mac mini (Pertengahan 2010 atau versi lebih baru)
  • Mac Pro (Pertengahan 2010 atau lebih baru)
  • OS X El Capitan v10.11
  • OS X Yosemite v10.10
  • OS X Mavericks v10.9
  • OS X Mountain Lion v10.8
  • OS X Lion v10.7

Backup data terlebih dahulu

Setelah komputer kamu masuk dalam daftar diatas maka langkah selanjutnya adalah membackup data untuk menghindari kehilangan data ketika terjadi error dalam proses update. Memback up data di Mac bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya via Time Machine fitur bawaan dari Apple.

Kamu juga bisa mencadangkan data secara manual ke hard drive eksternal, akun cloud service seperti Dropbox, google drive atau lainnya.

Update aplikasi

Sebelum melakukan upgrade ke Mac OS Sierra kamu disarankan untuk mengupdate sebagian aplikasi pihak ketiga melalui tab update di Mac App Store. Mungkin ada beberapa aplikasi yang kamu install bukan melalui App Store, kamu bisa menanyakan pada developer apakah aplikasi tersebut support pada OS Sierra atau tidak.

Menggunakan koneksi internet yang stabil & membawa magsafe

Pastikan kamu menggunakan koneksi internet yang stabil agar proses upgrade berjalan lancar dan jangan lupa membawa magsafe untuk antisipasi kehabisan baterai ditengah proses unduhan maupun instalasinya.

Upgrade pada waktu kosong

Demi kenyamanan ada baiknya kamu melakukan upgrade ditengah waktu luang kerja yang padat dengan banyak tumpukan tugas. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko upgrade yang mengganggu pekerjaan.

Lalu gimana cara upgrade ke Mac OS Sierra ?


Kamu bisa melakukan upgrade ke Mac OS Sierra menggunakan dua cara. Cara pertama yaitu dengan dengan mengunduh langsung Mac OS Sierra dari Mac App Store langsung. Untuk menuju Mac App Store kamu bisa mencarinya via, launchpad, dock & menu Apple.

Sedangkan cara kedua yaitu dengan membuat bootable installer, hapus partisi di Mac dan instal dari awal � semua data hilang. Demi keamanan saya lebih menyarankan melakukan instalasi Mac OS Sierra menggunakan cara pertama.

Atau kamu punya cara lain untuk install update Mac OS Sierra, silahkan kirim pada komentar dibawah. Terima kasih telah membaca !

0 komentar:

Posting Komentar