Penyebab Samsung Galaxy Note 7 Terbakar : Penjelasan Samsung !

Akhir - akhir pengguna smartphone diseluruh dunia diramaikan dengan berita smartphone Samsung keluaran terbaru Galaxy Note 7 yang mudah meledak.

Dari banyaknya kasus meledaknya Galaxy Note 7, membuat para maskapai membuat aturan terhadap smartphone terbaru Samsung ini. Saya berusaha mencari dari beberapa sumber tentang apa penyebab Samsung Galaxy Note 7 Terbakar.

Apa Penyebab Samsung Galaxy Note 7 Mudah Terbakar ?


Beberapa sumber menduga kejadian Galaxy Note 7 mudah terbakar akibat permasalahan pada baterainya. Sumber dari website Samsung pernah membuat penjelasan pendek mengenai apa penyebab galaxy note 7 terbakar. Dikatakan bahwa penyebab utamanya adalah masalah pada bagian baterai, murni bukan pada ponsel.

Menurut Samsung, overheating (panas berlebih) terjadi ketika komponen "anoda-ke-katoda" mengalami kontak. Anoda adalah kutub negatif, sedangkan katoda adalah kutub positif pada baterai.

Selain itu Samsung juga menjelaskan bahwa kesalahan pada proses tersebut sangat langka. "Ini adalah kesalahan proses produksi yang sangat langka", seperti yang ditulis oleh GSM Arena pada salah satu postingannya.

Namun Samsung bahkan tidak menjelaskan lebih detail lagi penyebab overheating yang terjadi pada baterai Galaxy Note 7 tersebut.

Akibat dari masalah atau kasus terbakar Galaxy Note 7, Samsung pun terpaksa recall (menarik kembali) 2,5 juta perangkat ini dari pasaran dunia yang sudah beredar.

Penjelasan Penyebab Kenapa Baterai Bisa Meledak !


Jika benar penyebab murni Samsung Galaxy Note 7 mudah terbakar karena masalah pada bagian baterai. Ada baiknya kita mencari tahu kenapa sih baterai ponsel bisa meledak. Berikut penjelasannya yang sudah saya rangkum dari kompas tekno.

Baterai tidak diproduksi dengan baik. Jika baterai tidak diproduksi dengan baik maka baterai akan berpotensi mudah terbakar atau meledak akibat reaksi kimia yang terjadi didalam baterai.

Sebenarnya didalam baterai terdapat aliran arus listrik dari kutub negatif (Anoda) ke kutub positif (katoda) melalui eletrolit yang ada didalamnya. Namun jika terjadi problem ditengahnya akan mengakibatkan efek fatal.

Seperti terjadi beberapa efek berbahaya, salah satunya adalah terjadi overcharge (kelebihan daya), lalu menyebabkan panas berlebihan hingga memicu reaksi kimia dianoda.

Bahkan saat baterai sedang digunakan pun bisa terjadi panas yang berlebih hingga memicu reaksi kimia pada katoda. Reaksi kimia yang terjadi pada kedua kutub tersebut membuat suhu baterai meningkat bahkan bisa mencapai 150 derajat celcius dan akan mengakibatkan baterai meledak.

Oke mungkin itu saja dari saya tentang penyebab Samsung Galaxy Note 7 terbakar dan mengapa baterai smartphone bisa meledak. Terima kasih telah membaca. Semoga bermanfaat dan jangan lupa berlangganan artikel dari kami. Gratiss !

0 komentar:

Posting Komentar