5 Solusi Masalah Pada Layar Smartphone !

Layar merupakan komponen yang penting pada smartphone. Mungkin kamu bisa membayangkan jika layar smartphone kamu rusak, tentu tidak bisa digunakan ya ? Terlebih lagi hampir semua smartphone android sekarang sudah menggunakan touchscreen.

Solusi Layar Smartphone Yang Rusak

Lalu gimana kalo layar smartphone kamu rusak ? apa kamu harus diam saja sampai benar dengan sendirinya ? Gak mungkin kan ya ? Atau membawanya ketempat service center ? Kalo gitu kamu harus mengeluarkan uang lagi dong dari kantong !!

Menurut saya sih ada beberapa masalah atau kerusakan yang sering terjadi pada layar smartphone namun dari beberapa masalah itu pasti ada solusinya. Untuk itu setidaknya kamu bisa mengatasi kerusakan layar smartphone kamu sebelum kamu benar - benar membawanya keservice center.

Saya pun sudah merangkum beberapa solusi dan trik mengatasi layar smartphone yang rusak. Cara - cara dibawah ini bisa kamu coba sendiri pada layar smartphone milik teman kamu yang bermasalah. Silahkan simak triknya dibawah ini !

1. Dead Pixel

Dead Pixel adalah kondisi dimana beberapa pixel mati atau tidak berfungsi lagi. Dead pixel biasanya bisa diketahui jika ada bagian pada layar tidak normal dan ditandai dengan adanya bercak noda hitam dan sebagainya.

Jika hal ini dibiarkan maka kerusakan atau masalah seperti ini akan menyebar kebagian lain sehingga menyebabkan kerusakan keseluruhan layar smartphone. Untuk mengatasi Dead Pixel layar smartphone kamu bisa menggunakan aplikasi yang bernama Pixel Pixer.

Aplikasi Pixel Pixer bekeja dengan merangsang layar smartphone dengan cara merespon warna yang ditampilkan dilayar dengan menjalankan spectrum cahaya dianamis. Tak hanya itu, aplikasi ini juga dapat merecovery sensivitas layar smartphone android kamu pada setiap sentuhan.


2. Layar tidak sensitif sentuhan


Layar tidak sensitif biasanya terjadi akibat lagging overheat yang berlebihan sehingga menyebabkan lagging pada smartphone. Jika hal ini terjadi pada smartphone kamu, kamu bisa mengatasinya dengan mematikan smartphone dalam beberapa menit saja. Setelah kembali kesuhu yang normal silahkan nyalakan kembali smartphone kamu.

Mudah bukan ?


3. Layar Baret


Masalah ini paling sering terjadi pada layar smartphone. Sebenarnya masalah ini sudah bisa diatasi dengan menggunakan screen protectior dan kerusakan kecil seperti ini sudah saya bahas pada artikel cara membersihkan layar smartphone dengan aman.

Jika layar smartphone kamu sudah terlanjur baret solusinya adalah dengan menggunakan pasta gigi. Caranya adalah oles pasta gigi pada bagian layar yang baret. Oles tipis - tipis saja ya ! Kemudian diamkan beberapa saat.

Jika sudah ambil kain microfiber basah lalu lap pelan - pelan pada pasta gigi yang telah dioles. Lakukan cara ini setidaknya tiga kali hingga goresan pada layar benar - benar hilang. !

4. Ghost Touching

Ghost Touching adalah kejadian dimana layar smartphone bergerak tanpa sentuhan apapun. Hal ini bisa disebabkan oleh kerusakan yang terjadi pada LCD. Selain itu Ghost Touching juga bisa disebabkan arus listik yang berlebih pada panel layar smartphone.

Awal mula Ghost Touching adalah pengisian daya baterai menggunakan tegangan listrik yang tingga atau menggunakan charger yang rusak / tidak sesuai. Jadi, hindari pengecasan menggunakan charger yang palsu atau bukan bawaan smartphone.

5. Flickering

Apasih flickering ? Flickering adalah adanya beberapa bayangan pada layar. Hal ini biasanya disebabkan oleh aplikasi yang terinstall. Biasanya aplikasi yang menyebabkab flickering yaitu seperti aplikasi kamera pihak ketiga dan game yang memerlukan auto brightness.
 mengatasi layar smartphone yang bermasalah


Flickering juga menyebabkan layar bergoyang. Solusinya adalah mengunistall aplikasi - aplikasi tersebut. !

Oke udah dulu ya, mungkin itu saja dari saya. Kalo kamu juga punya trik atau solusi layar smartphone yang rusak dan bermasalah silahkan komentar pada kolom dibawah ya. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

0 komentar:

Posting Komentar