Smartphone Terkena Air ? Lakukan Solusi Konkrit Ini !

solusi smartphone terkena airDi zaman berkembangnya teknologi sekarang ini banyak sudah produsen yang membuat smartphone tahan air atau waterproof. Lalu gimana solusi untuk smartphone lama yang terkena air atau tenggelam ?

Mungkin ada beberapa smartphone yang memiliki fitur waterproof, berikut saya sajikan 10 daftar smartphone anti air :

Samsung Galaxy Note 7 - IP68
Sony Xperia XZ
Samsung Galaxy S7 - IP68
Motorola Droid Turbo2 (Coating Water-repellent)
Kyocera Torque KC-S701
Samsung Galaxy S7 Edge - IP68
Caterpillar Cat S60 (Waterproof Hingga 5 Meter Selama Satu Jam)
Sony Xperia X Performance
Sony Xperia Z5
CATS40


Tapi bukan smartphone anti air diatas yang mau saya bahas, tapi disini saya akan berbagi solusi smartphone yang tercebur.

7 Solusi smartphone terkena air yang bisa kamu coba sendiri tanpa teknisi !


Smartphone kamu belum memiliki fitur waterproof tapi tanpa sengaja kamu menceburkannya kedalam air ? Solusi pertama adalah jangan panik , karena panik bukan solusi untuk masalah ini. Lalu apa yang harus kamu lakukan kalo smartphone terkena air ?

1. Jangan langsung menyalakan smartphone

Kemungkinan beberapa smartphone akan langsung mati jika terkena air, jika hal tersebut terjadi pada kamu, maka jangan langsung dinyalakan. Jika air mengalir didalam smartphone dalam keada menyala maka menimbulkan resiko kerusakan pada bagian penting lainnya.

Smartphone dalam keadaan basah dapat menyebabkan terjadinya arus pendek yang dapat menyebabkan masalah. Solusinya adalah jangan langsung menyalakan smartphone kamu.

Lalu gimana jika smartphone saya tetap hidup walaupun terkena air ? Untuk mencegah kerusakan yang tidak diinginkan maka saya menyarankan matikan saja smartphone kamu sampai benar - benar kering nantinya.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ketika smartphone kamu dalam keadaan basah jangan langsung dicharger lalu memegangnya. Alih - alih ingin menyelamatkan smartphone malah nyawa kamu yang tidak terselamatkan.

2. Melepas penutup dan baterai

Jika smartphone kamu terendama air, maka beberapa saat setelah itu lepaskan penutup dan baterai agar air yang masuk tidak mengendap didalamnya. Adanya pertemuan air dengan baterai yang mengandung arus listrik bisa menjadi penyebab utama terjadinya korsleting atau arus pendek listrik pada smartphone.

3. Lepas SIM card dan memory card

Menyelamatkan data - data penting seperti kontak, foto - foto, video dan lainnya itu yang tersimpan didalam SIM card dan memory card dengan melepasnya dari smartphone ketika smartphone kamu tidak sengaja terendam dalam air.

Memang SIM card sebenarnya lebih tahan air dibandingkan dengan smartphone itu sendiri, tetapi chip yang terdapat dalam SIM card tersebut terbuat dari bahan metal yang lebih mudah mengalami kerusakan atau sering disebut dengan korosi.

4. Mengeringkan smartphone dengan kain bertekstur

Mungkin kamu akan berpikir bahwa cara mengeringkan smartphone dengan menjemurnya secara langsung dibawah terik matahari atau menggunakan hairdryer menjadi solusi yang paling benar, NOW itu salah besar, seperti yang dikutip dari teknoliputan6 mengeringkan air yang masuk kedalam smartphone dengan alat yang panas berlebih, ternyata bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen penting smartphone yang lainnya.

Lalu gimana cara yang benar ?? gunakanlah kain bertekstur untuk solusi mengeringkan smartphone yang basah. Selain itu kamu bisa mengoyangkan smartphone untuk mengeluarkan air yang masuk dan jika ingin mengeringkan menggunakan alat maka pakailah alat yang bertekanan rendah serta tidak menghasilkan panas berlebih.

5. Menggunakan bahan yang bisa menyerap air

Dirumah kamu punya beras atau silica gel ? Kalo iya, barang itu bisa kamu gunakan untuk menolong smartphone yang kamu tercebur. Caranya gimana ? mudah sekali, isi mangkuk dengan beras lalu timbun smartphone yang terendam air dalam keadaan penutup dan baterai yang sudah dilepas kemudian tunggu 2 - 3 hari.

Kedua benda tersebut memiliki kemampuan menyerap air dan kelembapan pada smartphone dengan  baik. Silica gel sebenarnya lebih baik menyerap air ketimbang beras, namun benda ini sulit ditemukan dan beras bisa menjadi solusi ketika silica gel tidak ditemukan.

6. Menyalakan kembali smartphone

Jika smartphone kamu sudah benar - benar kering, cobalah untuk menyalakannya kembali. Tapi jangan terburu - buru ya, karena dasarnya semakin lama menunggu maka kemungkin smartphone hidup kembali lebih besar.

Namun jika kamu sudah memastikan kalo smartphone sudah benar - benar kering tapi tidak menyala juga, sebaiknya kamu cepat - cepat pergi keteknisi untuk memperbaikinya kembali.

Melakukan pencegahan smartphone terkena air


7. Melakukan pencegahan

Solusi smartphone terkena air yang saya jelaskan diatas sebaiknya diikuti step by step untuk proses yang lebih baik. Tapi hal yang paling penting adalah mencegah smartphone kamu agar tidak tercebur kedalam air seperti tidak menggunakan smartphone dikolam renang dan lainnya.

Jika kamu tidak berani untuk melakukan trik diatas, ada baiknya kamu langsung membawa smartphone kamu keteknisi untuk solusi yang lebih baik. Oke mungkin itu saja dari saya terima kasih telah membaca. !

0 komentar:

Posting Komentar