8 Modal Simple Ngeblog : Tips Blogger Pemula Seperti Saya

Untuk membangun sebuah blog atau menjadi blogger, kamu hanya memerlukan beberapa modal yang simple. Profesi blogger kini tidak bisa dianggap remeh lagi. Munculnya para blogger Indonesia yang bisa mendulang banyak dollar dari internet membuat orang berbondong - bondong ingin mencoba peruntungan didunia internet ini.

Modal Blogging Untuk Blogger Pemula

Mulai dari orang desa yang dulu kerjanya cuma memelihara bebek, penjual bakso, mahasiswa sampai para karyawan bank diibu kota yang resign dari pekerjaannya demi menjadi blogger yang kerjanya fleksibel dan dengan gaji yang bisa melebihi seorang manager.

Dunia maya pernah heboh akibat tersebar foto uang segepok dari sebuah akun facebook bernama Mas Dian yang diunggah pada tanggal 26 Januari 2015. Kalo gak salah sih pernah masuk TV juga. Namun saya sendiri tidak perduli dengan berita tersebut karena berfikir berita tersebut HOAX (palsu). Kini saya baru tau kalo itu beneran asli lewat banyaknya berita yang beredar.

Saya juga mulai gabung dengan forum online disosial media yang mas Dian dirikan. Kalo kamu mau gabung, silahkan gabung diforum Google Adsense Indonesia. Group ini murni tempat belajar dari mulai blogger pemula sampai para mastah (julukan untuk orang yang malang melintang didunia IM).

Admin forum ini tidak akan segan - segan menendang akun yang nakal seperti menipu sesama member dengan cara berjualan. Segala bentuk jual beli dilarang digrup ini. Kamu bisa membaca sendiri peraturan diforum tersebut.

Saya sendiri sebenarnya sudah mulai menekuni dunia blog sejak masuk kuliah pada tahun 2012, namun hanya bisa mengikuti senior yang kerjanya membuat kontent website. Saya tidak dicekoki tentang gimana cara mengoptimasi website yang saya kelola. Namun ada beberapa ilmu yang saya dapat salah satunya apa saja modal untuk menjadi blogger yang akan saya bagikan dibawah ini

Berikut 8 Modal Ngeblog Untuk Blogger Pemula


1. Domain

Domain adalah identitas serta alamat yang digunakan untuk mengakses blog atau website. Contoh : www.facebook.com, www.google.com. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas domain gratis atau membeli domain berbayar / premium.

Kalau saja belum mempunyai modal untuk membeli domain kamu bisa menggunakan domain gratis yang diberikan oleh penyedia domain gratisan seperti www.co.cc, www.nic.cz.cc, www.co.tv dan lain - lainnya.

Namun jika ingin menggunakan fasilitas domain berbayar, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 60.000 - 150.000 atau bisa lebih murah sekalipun dari rentang harga tersebut jika sedang ada promo.

Berikut saya rekomendasikan tempat membeli domain untuk blogger pemula yang berada di Indonesia seperti :

idwebhost.com
qwords.com
niagahoster
artamedia
domainesia

dan untuk penyedia jasa domain berbayar dari luar negeri yang paling direkomendasi, kamu bisa menyewa disitus :

namecheap.com

Lalu kenapa saya merekomendasikan namecheap? jawabannya adalah karena namecheap sudah terpercaya sejak 2011. Kelebihan yang dimiliki namecheap adalah harganya yang jauh lebih murah dari tempat lain. Walaupun murah kualitas dan layanannya sangat baik.

Blogger - blogger terkenal seperti Mas Sugeng juga mempercayakan domain yang mereka gunakan di namecheap.com

2. Hosting

Hosting adalah server yang digunakan untuk menyimpan file - file pendukung sebuah blog / website. Lalu berapa modal yang harus dikeluarkan untuk menyewa web hosting untuk blog ? Terus mahal apa tidak ya ?  kalo masalah mahal atau tidak tentu relatif.

Berikut saya rangkum tempat menyewa hosting Indonesia terbaik dari situs www.webhostingterbaik.org yang mungkin bisa menjadi pilihan kamu nanti menyewa hosting untuk blog yang akan kamu bangun.

Ardetamedia 
Niagahoster 
ZieHost 
NusantaraHost 
IndoSite
JagoanHosting
PasarHosting
RumahHosting
EazySmart

Lalu gimana dengan penyedia hosting luar negeri, apakah ada rekomendasi juga ? Tentu ada bro, untuk hosting luar negeri saya merekomendasikan :

hawkhost
bluehost
atau menggunakan VPS / RDP

3. Tema / Topik

Tema / topik / niche merupakan masalah para blogger pemula seperti saya. Sering kali ketika sudah didepan laptop dengan koneksi internet lalu bingung mau nulis apa. Sebelumnya saya sudah membahas sumber penulisan artikel untuk blog. Kamu bisa membacanya ditautan tersebut.

Jika sudah menemukan sumber artikel yang akan ditulis lalu gimana dengan modal tema blog yang akan dibangun ? Ada 3 kriteria tema blog yang bagus untuk kamu pakai. Berikut 3 kriteria tema / topik untuk blog !


Topik pencarian banyak

Ada pengiklan
Topik yang dipilih ada pencariannya


Pencarian banyak itu harus, karena jika pencariannya sedikit akan sedikit pula yang akan mengunjungi blog kamu lewat mesin pencari (organic visitor). Lalu topik yang dipilih ada pengiklan, ini penting untuk kamu yang ingin mencari penghasil lewat blog. 

Kemudian tema yang dipilih ada pencariannya, tentu jika tidak ada pencariannya siapa yang akan mengunjungi atau membaca artikel yang ditulis ? Setan ? gak mungkin !!

Kamu bisa meriset 3 kriteria topik untuk modal ngeblog diatas dengan menggunakan tool gratis dari google yaitu, google adwords. Dengan tool ini kamu bisa melihat kata kunci serta volume pencariannya perbulan serta melihat ada atau tidak pengiklan untuk kata kunci yang akan kamu gunakan pada blog kamu nanti.

4. Plaform

Ada dua platform yang sering digunakan para blogger yaitu Blogspot dan Wordpress

Blogspot adalah layanan platform website milik google. Jika menggunakan platform blogspot kamu harus menggunakan akun gmail dan otomatis gmail akan terintergrasi langsung dengan akun blogspot kamu.

Menggunakan blogspot memiliki kelemahan seperti fitur yang ditawarkan sedikit, kita tidak bisa custom sesuka hati karena google sendiri membatasi hal tersebut. Jika bisa pun kamu harus paham kode - kode program untuk custom blog kamu.

Kelebihan menggunakan blogspot diantaranya gratis, unlimited space dan simple. Memilih platform Blogspot juga bisa custom domain untuk website yang lebih profesional.

Wordpress adalah layanan platform terbaik atau banyak digunakan blogger diseluruh dunia untuk website yang mereka kelola. Platform wordpress juga gratis, namun jika ingin custom domain atau menggunakan top level domain (TLD) contoh : www.facebook.com, www.teknotips.com kamu harus menyewa hosting sendiri.

Wordpress memiliki banyak pengembang diseluruh dunia, ini membuat wordpress mudah dicustom sesuka hati. Banyak plugin - plugin gratis untuk mendukung platform ini. Fitur - fitur yang ditawarkan juga memungkinkan untuk membuat website lebih powerfull. 

Menurut sumber yang saya baca, website seperti CNN, People Magazine dan Flickr juga Menggunakan platform wordpress.

Saya lebih menyarankan menggunakan wordpress jika kamu ingin membuat website yang kaya fitur dan powerfull, namun jika kamu hanya ingin membuat portal berita yang simple atau menulis cerita sederhana saya lebih menyarankan menggunakan Blogspot.

5. Konten

Lalu modal ngeblog selanjutnya adalah konten. Konten apa sih yang kita sajikan untuk pengunjung blog kamu nanti ? Apa itu artikel, video, gambar atau informasi yang berkaitan dengan topik tertentu. Apa saja modal dalam membuat konten untuk blog ? Berikut jawabannya !

Cara Membuat Konten. Lalu gimana cara membuat konten? Menurut saya ini tergantung website / blog apa yang ingin kamu buat. Jika portal berita ? Tentu kamu harus menulis. 

Saya mengambil kasus jika saya ingin membuat website dengan konten artikel. Untuk membuat artikel saya harus menulis manual dan mempunyai pengetahuan tentang apa yang ingin saya bagikan. Tulisan saya harus unik, berbeda dari yang lain dan tentu tidak boleh copy paste.

Sumber Referensi Tulisan. Jika membuat website yang kontennya berupa artikel / informasi kamu harus mempunyai sumber yang akan kamu jadikan bahan tulisan. Mencari sumber referensi tulisan juga sangat penting untuk kelancaran dan dasar penulisan agar tidak menyesatkan pembaca blog kamu nanti.

Sumber bisa dari buku, internet, youtube, sosial media, TV atau pengalaman pribadi. Jika mengambil sumber dari internet haruslah dari sumber yang terpercaya. Sumber terpercaya itu misalnya seperti website yang sudah besar seperti CNN, kompas, liputan6, dan viva dan lain - lain, bukan berarti website kecil seperti punya saya ini tidak bisa dijadikan referensi.

Bisa, cuman kamu harus memfilter atau mencari kebenaran informasi yang disajikan di blog / website yang ingin kamu jadikan sumber tulisan kamu. Ini bertujuan agar pembaca diblog kamu nanti betah membaca tulisan kamu serta menjadi ladang ibadah.

Gambar. Walaupun membuat website yang hanya berisi tulisan / informasi, kamu juga perlu menyisipkan gambar ilustrasi pada tulisan agar terlihat lebih menarik minat pembaca. Gambar juga bisa menjadi data pendukung tulisan diblog.

Lalu dimana cari modal gambar untuk blog? Banyak sekali sih sebenarnya gambar bertebaran di internet namun memiliki hak cipta. Namun ada juga gambar - gambar bagus yang berlisensi gratis / legal atau bisa digunakan untuk blog. Untuk mendapatkan gambar secara legal kamu bisa mencarinya didaftar situs bawah ini :

Flickr
Stock.XCHNG
Free Photos Bank
MorgueFile
Fixel Perfect Digital

Kamu juga bisa mencari gambar bagus dengan resolusi tinggi pada daftar situs penyedia gambar dibawah ini :

Startup Stock
MMT
Pexels
Magdeleine
Jay Mantri
Stock Snap
Resplashed
ISO Republic
Stockpic
Wefunction

6. SEO (Search Engine Optimation)

SEO atau optimasi mesin pencari juga menjadi modal untuk menekuni dunia blogging. Tujuan SEO adalah untuk menaikan page ranking sebuah website agar selalu terindek pada search engine sehingga dapat ditampilkan dihalaman utama. Dengan SEO bisa mendatangkan pengunjung ke website melalui mesin pencari seperti google dll.

Modal SEO dalam membangun blog / website terbagi menjadi dua, yaitu SEO onpage & SEO offpage.

Seo onpage. Yaitu melakukan optimasi didalam blog / website kita. Saya telah merangkum dari moz.com yang membahas apa saja sih yang dilakukan ketika melakukan optimasi didalam website. Berikut hasilnya saya share kepada teman - teman :

  1. Menggunakan URL Postingan yang singkat (URL yang bagus terdiri dari 3 � 5 Kata), Menggunakan Target Keyword didalam URL
  2. Mulai Judul Dengan Keyword (Tag judul mempengaruhi factor SEO)
  3. Memodifikasi Judul (Modifikasi judul dengan kata bombastis)
  4. Membuat Judul Posting ditag H1 (Menggunakan H1 sebagai Judul postingan)
  5. Menambah pesona postingan dengan konten multimedia
  6. Menggunakan tag H2 sebagai subheading dan masukan keyword target
  7. Masukan keyword target pada 100 kata pertama
  8. Menggunakan design template yang responsive
  9. Menggunakan outbound link
  10. Menggunakan internal link 2 � 3 link dalam setiap postingan (contoh wikipedia)
  11. Tambah kecepatan blog.
  12. Menggunakan LSI Keyword untuk digunakan google menentukan relevansi per halaman
  13. Optimasi Gambar dengan menggunakan kata kunci target didalam alt textnya
  14. Menggunakan tombol share social media
  15. Konten postingan yang panjang karena content yang panjang secara signifikan akan naik kehalaman utama google (1900kata)
  16. Membuat pembaca betah membaca content dengan artikel yang berkualitas

Seo Offpage. Yaitu melakukan optimasi diluar situs kita. Menurut saya sih SEO offpage ini adalah teknik untuk membangun link agar blog kita terkenal dan kuat dimesin pencari. Saya sendiri belum terlalu memahami SEO offpage, namun saya saya sekarang belajar lewat sebuat website yang membahas tentang ini. Jika kamu ingin belajar tentang SEO offpage bisa pergi ketautan ini !

7. Social Media

Sosial media juga menjadi modal / senjata untuk blogging. Bejibunnya pengguna sosial media menjadi sasaran empuk untuk mendapatkan visitor. Namun salah - salah menggunakan sosial media untuk kepentingan blogging bisa berakibat fatal, karena dianggap spam.

Modal sosial media untuk ngeblog adalah membuat akun sosial media blog atau admin yang mengelola blog yang akan dibangun. Adapun sosial media yang bagus untuk kepentingan blogging adalah facebook, twitter, google + dan pinterest.

Saya menggunakan facebook dan google + sebagai tempat share artikel yang saya buat. Twitter saya gunakan untuk berkomunikasi dengan para subscriber / followers blog dan pinterest adalah tempat untuk share gambar.

8. Monetize

Jika semua modal blogging diatas sudah dimiliki, selanjutnya adalah monetize. Untuk menjadi blogger yang sukses tentu kamu harus memonetize blog yang dikelola. Karena mungkin tujuan utama para blogger adalah untuk uang. Cara monetize yang sering digunakan adalah sebagai berikut :

Google Adsense. Mas Dian Umbara mastah blogger Indonesia pun memonetize blognya menggunakan google adsense. Kenapa google adsense ? Mungkin karena sistem pembayarannya yang besar / klik. 

Iklan. Untuk monetize blog bisa juga melalui iklan berbayar seperti mengiklankan jasa atau produk orang lain diblog yang kamu kelola.

Itulah modal ngeblog untuk blogger pemula yang saya ketahui. Memang modal ngeblog diatas terlihat simpel namun jika dirincikan lagi akan terlihat sangat komplek. Mungkin kamu juga punya cara lain dalam menekuni dunia blogging. Jika iya, silahkan komentar dibawah ini. Saya juga adalah seorang pemula. 

Saya juga senang berbagi walaupun ilmu saya juga baru sedikit. Mungkin itu saja dari saya, terima kasih telah membaca.

0 komentar:

Posting Komentar