Cara Install Update Android Nougat Dengan Mudah

Android 7.0 Nougat belum lama ini resmi dirilis dan mungkin beberapa dari kalian ada yang belum mengerti cara install android Nougat ini. Namun sebelum kamu update Android Nougat ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu.

Cara Update Install Android Nougat

Setiap kali ada update sistem operasi Android, Google selalu memberikan kode diawal nama versi Android dari setiap abjad dalam awal yang berurutan. Coba kamu perhatikan dari mulai sistem operasi mobile ini pertama kali dirilis.

Coba perhatikan dan lihat versi demi versi nama yang diberikan Google mulai dari Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice-Cream Sandwich, Jellybean, KitKat, Lollipop, Marshmallow dan yang teranyar ini N atau Nougat. Unik bukan ??

Fitur - fitur terbaru Android 7.0 Nougat


Setiap kali rilis Android terbaru mesti ada perbaikan perbaikan dari segi keamanan maupun fitur lainnnya. Android terbaru Nougat ini juga memiliki banyak fitur terbaru seperti :

  • Lockscreen wallpaper yang berbeda dengan wallpaper utama
  • Dukungan multi-local
  • Multi-window
  • Bundled notifications
  • Notification control
  • Seamless update
  • File-based encryption

  • Direct boot untuk booting awal yang lebih cepat
  • Menu setting baru yang telah disempurnakan
  • Quick switch untuk berpindah aplikasi lebih cepat (double tap tombol overview)
  • Vulkan untuk menangkatkan performa game
  • Daydream support
  • Tambahan 72 emoji

  • New quick settings
  • Lebih banyak hal yang tersimpan di Android backup
  • Work mode
  • Direct reply langsung dari notifikasi
  • Display size yang bisa diganti sesuai keinginan, tidak hanya teks, meliputi elemen lain (seperti ikon dan gambar)

Cara install Android 7.0 Nougat di perangkat smartphone


File Android 7.0 Nougat

File Android 7.0 Nougat bisa didownload di developer android. Selain itu kamu bisa juga langsung menginstal OS android terbaru ini langsung dari smartphone. Namun sebelum itu kamu harus mempunyai gmail yang terintergrasi langsung dengan perangkat Android kamu.

File yang akan di download berukuran sekitar 1,1 GB, sehingga proses unduhan akan memakan waktu kurang dari 30 menit namun tergantung kecepatan koneksi internenet yang digunakan.

Sayangnya, versi Android terbaru ini, kini baru tersedia untuk smartphone Google Nexus device seperti Nexus 5X, Nexus 6, Nexus 6P, Nexus 9, Nexus 9G, Pixel C, Nexus Player dan Android One based General Mobile 4G atau Sony Xperia Z3.

Jika smartphone kamu termasuk dalam jenis perangkat yang disebutkan diatas artinya bisa melakukan update Android 7.0 Nougat. Perangkat android yang disebutkan diatas mempunyai compatibilty yang cukup untuk menjalankan Android 7.0 Nougat.

Persiapan instalasi Android 7.0 Nougat

Sebelum install Android Nougat ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan seperti memastikan untuk membackup data sebagai salah satu bentuk antisipasi apabila proses instalasi mengalami kegagalan.

Lalu memastikan koneksi internet stabil. Untuk melakukan update, koneksi internet harus stabil. Jika tidak, maka proses upgrade akan setengah jadi atau gagal. Hal ini akan berdampak negatif pada perangkat smartphone kamu. Selain koneksi internet kesiapan device juga harus diperhatikan.

Instalasi Android 7.0 Nougat via over the air

Menurut keterangan diwebsite Android Beta Program, kamu akan menerima preview update setiap 4 - 6 minggu seteleh Android N di rilis ke publik. 

Cara upgrade dan install Android 7.0 Nougat cukup mudah yaitu dengan pergi ke Setting / Pengaturan > About / Tentang > System update and cek for update / update sistem. Jika update tersedia kamu bisa melakukan upgrade langsung melalui smartphone.

Namun jika update OTA otomatis tidak tersedia, kamu bisa melakukan update atau flash manual Android N dengan mendownload file imagenya di developer android.

Mencoba Android Nougat tanpa melakukan update

Lalu gimana kalo smartphone kamu tidak mendukung update Android N atau kamu belum berani flash manual tetapi ingin merasakan fitur - fitur Nougat ini ??  Jawabannya adalah pinjem punya teman.

Jika malu pinjem punya teman kamu juga bisa mencicipi Android N dengan menginstall modul Xposed Android N-ify dismartphone kamu.

Setelah Xposed Android N-ify selesai diinstal, pastikan untuk mengaktifkan Xposed Installer ini. Lalu Reboot smartphone kamu. Dan kamu sudah bisa menikmati tampilan ala Nougat ! Namun, cara ini tidak mengubah versi dari Android kamu, hanya tampilannya saja yang berubah/

Oke mungkin itu saja dari saya tentang cara update Android Nougat. Semoga bermanfaat terima kasih telah membaca !

0 komentar:

Posting Komentar