8 Tips Memilih Powerbank Berkualitas Terbaik

Kali ini saya akan berbagi tips memilih powerbank yang bagus & berkualitas. Membeli barang elektronik tentu harus pilih - pilih apa lagi seperti powerbank. Jangan sampai menyesal setelah membeli ternyata powerbanknya tidak berkualitas atau tidak bagus dan cepat rusak. Sebab salah memilih bisa menyebabkan penyesalan yang berkepanjangan.

Tips Memilih Powerbank Berkualitas Terbaik
Sekarang powerbank merupakan komponen wajib yang harus dimiliki smartphone karena konsumsi dayanya lebih besar daripada ponsel biasa. Hal ini juga disebabkan banyaknya kelebihan yang dimiliki smartphone.

Untuk itu maka dicptakanlah powerbank sebagai alat penyimpanan daya listrik portable atau bisa dibawa kemana - mana walaupun sekarang banyak diproduksi smartphone baterai jumbo.

Lalu apa saja tips memilih powerbank berkualitas ?


Banyak sekali powerbank dijual dipasaran dengan model dan berbagai macam variasi. Namun terlihat bagus saja tidak menjamin bahwa produk tersebut memiliki kualitas yang bagus. Untuk itu kamu harus mengetahui trik membeli powerbank yang bagus dan berkualitas. Simak tipsnya dibawah ini !

1. Tentukan kapasitas powerbank yang ingin dibeli

Sebelum memutuskan membeli powerbank kamu harus tahu dulu berapa kapasitas powerbank yang kamu butuhkan.

Contoh kasusnya, jika kamu mempunyai smartphone dengan kapasitas daya 2000mAh, maka sebaiknya membeli powerbank dengan kapasitas di atasnya, seperti 5000mAh sehingga logikanya kamu bisa mengisi daya baterai hingga dua kali dari satu powerbank.

2. Memperhatikan lubang konektor

Umumnya powerbank didesain dengan dua lubang konektor yaitu dibagian samping dan atasnya. Jika lubang konektor disamping biasanya mudah rusak karena ketika dipakai lalu ditaruh di dalam tas, membuat kabel USB charger tertekuk karena ada kemungkinan berhimpitan dengan barang lainnya.

Sesuaikan dengan penggunaan kamu apakah itu bagus disamping atau diatasnya !

3.  Pilih powerbank yang memiliki fitur keamanan

Untuk alasanan keamanan maka pilihlah powerbank yang memiliki fitur perlindungan atau yang sering disebut short circuit protection. Fitur perlindungan ini berguna untuk meminimalisir terjadinya arus pendek yang memungkinkan terjadinya korsleting seperti kebakaran ataupun ledakan.

Powerbank yang tidak memiliki fitur safety protection bisa mengakibatkan kerusakan fatal pada gadget kamu.

Jangan lupa memilih powerbank yang memiliki fitur overcharge protection, dimana fitur ini melindungi powerbank dari pengisian daya yang berlebihan. Selanjutnya fitur temperature protection yang menghindari panas yang berlebih atau overheat.

4. Mengecek keasliannya powerbank

Keaslian juga menentukan apakah powerbank tersebut berkualitas atau tidak. Cara simple mengecek apakah powerbank itu asli atau tidak adalah dengan mengguncangnya. Namun biasanya penjual tidak mengizinkan kamu melakukan itu.

Lalu cara lain mengecek keaslian powerbank adalah dengan melihat tulisan informasi produk yang melekat pada alumunium casing powerbank. Biasanya powerbank palsu memuat informasi produknya menggunakan stiker kertas biasa.

5. Memeriksa kelengkapan aksesoris powerbank

Tips selanjutnya adalah mengecek kelengkapan aksesoris powerbank. Powerbank berkualitas biasanya mempunyai aksesoris lengkap seperti lampu indikator, konektor, kabel A/C dan juga baterai asli.

6. Melihat tegangan output powerbank

Tips selanjutnya adalah melihat tegangan output powerbank yang dipilih agar kamu bisa memprediksi waktu pengisian baterai dan melihat tegangan yang masuk kedalam powerbank. Kebanyakan powerbank memiliki tegangan 1A & 2A. Powerbank yang bagus juga melakukan pengisian daya yang lebih cepat dari powerbank biasa.

7. Jangan lupa cek garansi

Sebelum membeli powerbank juga tanyakan pada penjual berapa maksimal garansi produknya atau jika produk tersebut benar bagus biasanya ditempel stiker garansi pada bagian powerbank. Pastikan garansi resmi dari pabrik minimal 1 tahun sehingga yakin bahwa powerbank tersebut memiliki kualitas bagus.

Garansi resmi juga merupakan bahwa powerbank itu asli bukan tiruan, karena umumnya perusahaan besar hanya memberi garansi pada produk keluaran pabriknya sendiri.

Cara memilih power bank yang bagus dan awet !


8. Memperhatikan cell powerbank

Jarang orang memperhatikan cell powerbank ketika membeli alat alternatif kehabisan daya baterai ini. Sebelum membeli sebaiknya memperhatikan cell powerbank tersebut karena berpengaruh apakah powerbank tersebut bagus dan awet atau tidak.

Cell yang bagus biasanya seperti Japan Cell, Samsung Cell, Sanyo Cell. Mungkin kamu bisa mencari yang lain dan komentar dibawah nantinya jika ada cell powerbank bagus yang lain.

Terakhir harga powerbank yang mahal tidak menentukan apakah produk tersebut berkualitas atau tidak. Jangan sampai beli dengan harga mahal dipakai dua hari langsung rusak, kabel putus dan lain - lain.

Sebaiknya jika ingin powerbank berkualitas maka pilihlah tempat jual resmi atau terpercaya. Dasarnya toko gadget yang resmi dan percaya akan menjual produk bagus dan berkualitas juga dan jangan segan - segan untuk bertanya. Oke itulah tips memilih powerbank berkualitas dari saya. Semoga bermanfaat & terima kasih telah membaca !

0 komentar:

Posting Komentar