5 Kelebihan Dan Kekurang Menggunakan USB C

Ada banyak jenis port yang di gunakan pada smartphone kita kalo kita mau memperhatikan. Dengan bentuk dan ukuran yang berbeda-beda pula. Yang di desain khusus oleh vendor smartphone yang tujuannya adalah untuk menunjang proser transfer data ke komputer pada kebanyakan smartphone. Tahu kamu kalau untuk port usb yang paling laris didunia itu adalah port USB peripheral.

Setelah port USB 2.0 dan port USB 3.0 yang kenyanyakan di pakai oleh smartphone android yang tentunya masih memiliki banyak sekali kekurangan yang harus di perbaiki baik itu pada port USB 2.0 maupun port USB 3.0. Saat ini kamu tidak perlu kuatir lagi, bagi kamu yang suka sekali dengan dunia gadget berbahagialah, karena kini hadir port USB 3.1 atau biasa disebut dengan USB C.

Smartphone yang pertama kali menggunakan USB C ini adalah OnePlus 2 dan terbukti sukses mampu meningkatkan proses transfer data maupun proses isi ulang daya baterai. Karena USB C ini adalah penyempurnaan dari USB 3.0. Saat ini ada banyak sekali vendor smartphone yang membuat desain smartphone mereka menjadi tipis ya ini trend di era sekarang ini karena smartphone dengan desain yang tebal sudah di anggap kuno dan jadul.

5 Kelebihan Dan Kekurang Menggunakan USB C Yang Wajib Kamu Tahu

Maka dari itu lah sekarang ini banyak smartphone yang sudah menggunakan teknologi USB C. Salah satunya adalah merk ternama yaitu iPhone. Yang mana baru-baru ini merilis samartphone terbaru mereka yaitu iPhone 7. Dimana pada iPhone 7 ini sudah menggunakan USB C. Kita desain iPhone 7 ini sangat tipis sekali.

Mari kita bahas lebih dalam lagi mengenai USB C. Apa saja kelebihan Menggunakan USB C ini. Kami saya akan mencoba memaparkan mengenai kelebihan USB C ini. Mari simak dengan seksama.

Kelebihan USB C

1. Transfer Data Yang Lebih Cepat

Kelebihan yang pertama adalah kemampuan transfer data yang sangat cepat di bandingkan port USB terdahulu yaitu USB 2.0 dan USB 3.0. Kecepatan transfer data dengan menggunakan USB C ini adalah mampu mencapai 10 Gbps. 

Wooo, sangat cepat sekali bukan bisa dikatakan 2 kali lebih cepat dari pada USB 3.0 yang hanya memiliki kecepatan 5 Gbps. Sedangkan pada USB 2.0 hanya memiliki kecepatan transfer hanya 480 mbps. Membuat kamu lebih suka lagi transfer data menggunakan USB C ini.

2. Proses Pengisian Baterai Yang Lebih Cepat

Kelebihan yang ke dua adalah, jika kamu menggunakan smartphone yang sudah memiliki USB C. Rasakanlah pasti proses pengisian baterai akan jauh lebih cepat lagi jika di bandingkan menggunakan USB 3.0 atau bahkan USB 2.0. 

Walaupun banyak smartphone yang mengimplementasikan fitur Quick Charge, dengan adanya USB C ini akan membuat proses pengisian baterai jauh terasa lebih singkat lagi. Karena dengan menggunakan USB C mampu mengaliri arus listrik yang lebih besar mencapai 20 Volt dan 5 Ampere yang lebih besar dari USB 3.0 yang hanya mampu mengaliri 5 Volt dan 1,8 Ampere saja jadi pengisian akan jauh lebih cepat.

3. Desain Baru Yang Ramping Dan Anti Terbalik

Kita semua tahu, bahwa vendor smartphone untuk saat ini lebih suka dengan desain smartphone yang tipis. Karena apa? Dengan desain yang tipis, smarphone akan tampak lebih mewah. Nah solusi nya karena port USB 3.0 terlalu besar, makanya di gunakanlah port USB C agar tampak lebih indah ketika di pandang. 

Menarik bukan kamu didak usah perlu lama-lama mengisi daya baterai kamu jika kamu sedang buru-buru di tunggu client untuk melaksanakan meeting penting. Selain itu USB C juga memiliki bagian sisi yang sama sehingga kamu tidak akan pernah salah lagi memasang kabel USB jika kamu ingin melakukan pengisian baterai pada smartphone kamu.

4. Bebas Lepas dan Pasang Sampai 10.000 Kali

Kelebihan USB C yang ke empat adalah bebas lepas dan pasang kembali hingga 10.000 kali. Berbeda sekali dengan USB 3.0 atau USB 2.0 yang hanya mampu di pakai hanya 1.500 kali. Teman-teman jangan heran loh, jika teman-teman mengalami smartphone teman-teman yang tidak disa di charge itu besar kemungkinan daya pakai smartphone kamu yang sudah mencapai angka maksimal. 

Memang tidak menjadi patokan juga tergantung penggunanya sendiri juga. Jika kamu kamu sudah menggunakan USB C kamu akan tenang dan tidak perlu memikirkan kemabali saya sudah charge berapa kali ya? Sekarang kamu bebas sampai 10.000 kali charge.

5. Mendukung Kemampuan 4K

Kelebihan yang terakhir yang bisa kamu dapakan ketika kamu menggunakan USB C ini adalah kemampuan menampilkan gambar dan suara dengan format atau resolusi besar yaitu 4K. 

Jika kamu memiliki video yang lucu dan akan mempertontonkan video iti ke keluarga kamu, kamu gunakan saja smartphone kamu tancapkan USB C dan tambahkan konektor HDMI atau VGA rasakan kenyamanan menonton video yang bahakan mampu menampilkan dengan format yang paling tinggi untuk saat ini yaitu 4K.

Kelebihan menggunakan USB C :

  • Transfer Data Yang Lebih Cepat
  • Proses Pengisian Baterai Yang Lebih Cepat
  • Desain Baru Yang Ramping Dan Anti Terbalik
  • Bebas Lepas dan Pasang Sampai 10.000 Kali
  • Mendukung Kemampuan 4K

Kekurangan menggunakan USB C :

  • Harga Smartphone Yang menggunakan USB C Masih Mahal
  • Pengguna USB C Masih Sedikit Jadi Sulit untuk meminjam Kabel USB C
Itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai kelebihan menggunakan USB C. Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman semua.

0 komentar:

Posting Komentar