7 Tips Fotografi Smartphone Untuk Travel Blogger Dari Ahlinya

Ketika bepergian atau traveling kamu tidak mesti membawa kamera DSLR atau kamera digital karena kamera Smartphone pun sekarang bisa diandalkan untuk aktivitas fotografi travel blogger untuk mengabadikan setiap moment indah dalam perjalanan.

Tips Fotografi Smartphone Untuk Travel Blogger
Travellers


Menurut salah satu travel blogger Indonesia, Alexander Thian menyebutkan bahwa foto yang bagus dan menarik pun bisa diabadikan hanya dengan menggunakan smartphone dan menurutnya makna dari kegiatan fotografi itu adalah berkisah (story telling) melalui medium dan kamera atau menulis aktivias menggunakan cahaya.

Hasil jepretan travel blogger ini pun sempat menjadi salah satu karya dalam sebuah pameran fotografi walaupun hanya diambil menggunakan kamera iPhone.

7 Tips Fotografi Smartphone Untuk Travel Blogger Yang Bisa Kamu Coba


Menurut Thian ada beberapa langkah tips fotography untuk travel blogger agar mendapatkan hasil foto travelling berkualitas menggunakan smartphone yang sudah kami rangkum dari kitaINA.id. Simak tipsna dibawah ini !

Alexander Thian travel blogger indonesia

1. Memperhatikan simetris objek

Yaitu dengan memperhatikan simetris dengan melihat penempatan objek yang pas pada ruang tertentu. Dia juga memberi contoh angle yang menarik mata itu seperti pada pantai dengan penempatan sepertiga lokasi dengan menyorot pantai dan sisa langitnya.

2.  Sense of scale

Sense of scale adalah penekanan kuatitas sebuah obyek. Contohnya pada air terjun yang tinggi lalu dengan obyek manusia dibawahnya sehingga manusia tersebut terlihat lebih kecil dari biasanya.

Contoh lain dipegunungan yaitu dengan mencari sudut pandang yang luas sehingga sekumpulan manusia dan padang pegunungan pun terlihat dengan jelas.

3. Leading line

Yaitu menetapkan pesan yang ingin disampaikan atau ditonjolkan sejak awal. Apakah itu momen langkanya, keindahan obyek ataupun gerak cepatnya.

4. Framing

Kejelian dalam melihat kompisi dan potongan gambar. Thian juga mengatakan "jangan puas hanya dengan satu frame teruslah mencoba & bergerak untuk mendapatkan hasil terbaik".

Pemikiran seperti itu membuat travel blogger ternama ini membuatnya jarang tidur, ia pun sering mencari opyek terbaik dan mengambil foto sekalipun itu dari dalam mobil.

5. Deep rule of third

Melihat komposisi warna terbaik. Warm color seperti sephia bisa jadi pilihan untuk menampilkan warna yang romantis. Memilih warna biru untuk kesan elegan dan Thian juga menambahkan pertimbangankanlah warna dengan baik

6. Sabar dan telaten

Untuk mendapatkan hasil terbaik juga kadang photografer juga harus menunggu ataupun "berkomunikasi" diawal bisa mempermudahkan mendapat momen foto terbaik.

7. Menikmati perjalanan

Terakhir adalah menikmati perjalanan. Urusan foto untuk travel blogger sebenarnya adalah hal belakangan. Namun saat dalam perjalanan jangan lupa untuk melihat detail lokasi wisata. Thian juga menyarankan untuk tidak selfie secara berlebihan dan jangan lupa membawa tripod dan self timer ketika melakukan single travel.

Oke mungkin itu saja rangkum tips fotografi smartphone untuk traveler yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca !

0 komentar:

Posting Komentar