Tips Pintar Merekam Video Dengan Smartphone

Saat ini kamera smartphone berkembang dengan pesatnya tak terkecuali dengan fitur perekaman video yang kini berkembang dengan kemampuan hingga 4K. Fitur lain seperti HDR juga sangat mudah ditemui pada smartphone sekarang.

Tips Pintar Merekam Video Dengan Smartphone Hasil BerkualitasSelain untuk memotret kini kamera smartphone juga dimanfaatkan banyak penggunanya untuk merekam video melalui perangkat pintar tersebut. Dengan smartphone kini merekam video lebih mudah dan bisa langsung diedit dengan fitur canggih lalu diupload langsung via aplikasi yang tersedia dismartphone.

Walaupun begitu, untuk merekam video dengan kualitas bagus diperlukanlah beberapa cara tertentu untuk memastikan kualitas hasil rekaman tetap bagus dan berkualitas. Untuk pada postingan kali ini saya akan berbagi beberapa tips smart merekam video menggunakan smartphone.

Tips Merekam Video Dengan Smartphone Untuk Hasil Terbaik


Simak tipsnya dibawah ini yang telah saya rangkum dari komunitas android !

1. Mengetahui Posisi Mikrofon Smartphone

Sebelum merekam video, kamu harus mengetahui posisi mikrofon dismartphone agar suara yang didapatkan jernih. Hal ini untuk memastikan tangan kamu tidak menutupi bagian mikorofon saat merekam video.

Kan percuma saja nanti hasil video bagus namun audio yang didapatkan jelek dan hasil keseluruhan video kamu tidak begitu berkualitas.

2. Menggunakan 2 Tangan Untuk Merekam Video

Jika tidak menggunakan tripod / monopod kamu bisa menggunakan 2 tangan untuk merekam video dalam keadaan stabil untuk memastikan hasil rekaman yang didapatkan tetap berkualitas.

Dengan tips ini kamu bisa menghindari kejadian seperti perpindahan / transisi yang kasar yang mengakibatkan berkurangnya kualitas video yang dihasilkan.

3. Tidak Menggunakan Zoom Digital

Hindari perekaman video dengan menggunakan zoom digital karena kualitas dari hasil video yang didapatkan akan berkurang atau video yang dihasilkan gambarnya tidak lagi tajam.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa mengakalinya dengan mendekati objek yang mau direkam. Dan jangan lupa tetap memastikan smartphone berada dalam kondisi stabil.

4. Memperhatikan Pencahayaan Pada Lokasi Perekaman

Pilihlah lokasi dengan kontras yang rendah atau tidak terlalu tinggi. Kamu harus bisa memilih tempat dengan pencahayaan yang bagus agar hasil videonya juga bagus.

Umumnya smartphone kurang mampu menyeimbangkan pencahayaan diwilayah yang terlalu gelap maupun terlalu terang. Jika tidak maka hasil video yang dihasilkan akan terlihat kurang jelas, dengan itu kamu posisikan keberadaan mu ditempat yang kontras yang pas.

5. Melatih / Menemukan Metode Pengambilan Gambar

Tips ini adalah dengan menemukan metode perekaman video dengan tepat, menentukan kecepatan dan sebagainya. Temukan ritme dan metode mana yang paling bagus untuk perekaman video kamu.

Menentukan kecepatan pergerakan kamera juga menjadi kunci perekaman video untuk hasil yang lebih baik. Lalu hindari merekam video secara terputus baik itu dari sisi manapun.

6. Mengkondisikan Lensa Kamera

Sering sekali lensa kamera terkena debu atau kotoran bahkan tersentuh tangan kita secara tidak sengaja. Hal ini tentu membuat kamera smartphone sedikit kotor.

Dengan itu kamu bisa mengkondisikan lensa kamera agar lebih bersih seperti menggunakan cairan pembersih dan kain yang lembut. Lensa yang jernih tentu membuat hasil video yang dihasilkan juga jernih, Intinya adalah tidak memberi kesempatan 1 butir pun kotoran / debu yang menempel dilensa kamera.

7. Merekam Video Landscape

Tips ini adalah dengan merekam video secara horizontal / landscape karena dengan mengambil gambar posisi seperti ini memungkinkan perekaman video dengan objek yang lebih luas. Namun hal ini juga relatif atau kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhan video yang kamu rekam.

8. Mengatur Angle Kamera

Ini mungkin adalah tips lama atau terdengar sangat klise, tapi mengatur angle kamera adalah hal mutlak untuk mendapatkan kualitas gambar / video yang baik. Pengaturan angle kamera memungkinkan memberikan kesan melankolis, dramatis ataupun video yang luar biasa menakjubkan.

Cara memilih angle terbaik adalah dengan memperhatikan kondisi lingkungan dan moment yang ingin ditangkap. Coba kenali moment - moment lalu rasakan berkali - kali karena untuk menemukan moment terbaik tidak didapat hanya dengan mencoba sekali saja.

Kelilingi objek yang mau direkam lalu perhatikan titik mana yang bisa menghasilkan gambart yang menakjubkan dan jangan lupa mempertimbangkan posisi dan jarak pengambilan gambar.

9. Menggunakan Alat Bantu Seperti Tripod / Monopod

Menggunakan tripod atau monopod untuk merekam kamera tentu membuat kamu terlihat lebih profesional. Tips ini memungkinkan kamera kamu dalam posisi steady dan memungkinkan bekerja lebih optimal serta memfokuskan objek atau moment yang ingin direkam.

Jika merekam video dengan kamera standy disuatu tempat maka pastikan untuk meletakan kamera dipermukaan yang rata agar tidak bergoyang atau gagal fokus.

Dan hal yang terpenting adalah menggunakan smartphone dengan kualitas kamera yang bagus, hal ini mutlak karena bagaimana pun trik yang kamu gunakan tapi kamera smartphone tidak mumpuni tentu hasil juga tidak maksimal.

Oke, mungkin itu saja dari saya tentang cara pintar merekam video dengan smartphone untuk mendapatkan kualitas terbaik. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca !

0 komentar:

Posting Komentar