7 Solusi Sinyal Smartphone Yang Sering Hilang

Sinyal smartphone memang terkadang sering bermasalah seperti tiba - tiba putus saat sedang menelpon atau bahkan kehilangan sinyal saat sedang mau menelpon kerabat maupun rekan bisnis. Hal ini tentu mengganggu pengguna smartphone apalagi saat ada keperluan yang sangat mendesak.



Setelah merangkum dari beberapa sumber ternyata ada beberapa penyebab sinyal smartphone hilang tiba - tiba. Berikut penyebab umum sinyal ponsel yang bermasalah :

Gangguan layanan operator 
Berada di wilayah dengan sinyal yang lemah.
Smartphone error
Settingan smartphone yang hanya menerima jaringan tertentu
Faktor cuaca
Ada kerusakan pada perangkat lunak maupun perangkat keras
Ada aplikasi yang menyebabkan masalah pada sinyal
Pemadaman sinyal oleh operator

Namun jangan patah semangat terlebih dahulu karena pada postingan kali ini saya akan berbagi solusi sinyal smartphone yang sering hilang tersebut.

Solusi Sinyal Smartphone Yang Sering Hilang Dengan Cara Yang Mudah


Terlepas apapun penyebabnya, berikut cara memperbaiki sinyal smartphone yang sering hilang yang telah saya rangkum dari beberapa sumber, simak dibawah ini !

1. Restart Smartphone

Melakukan restart pada smartphone adalah mematikan lalu menghidupkan lagi smartphone kamu. Trik ini bisa menjadi solusi masalah pada sinyal smartphone kamu. Selain itu trik ini juga bisa mengatasi smartphone yang lemot.

Cara kerja trik ini adalah smartphone akan mencari menara sinyal yang lalu akan menghubungi menara dengan sinyal yang paling kuat. 

Tapi kamu tidak perlu mematikan smartphone lalu menghidupkannya kembali, smartphone model sekarang hampir semuanya memiliki fitur mode pesawat. Nah untuk melakukan restart kamu bisa mengaktifkan mode pesawat lalu kembali kemode normal. Karena yang perlu direstart hanyalah jaringan seluler smartphone.

Atau kamu bisa melakukan restart jaringan seluler smartphone dengan menon-aktifkan SIM Card dimenu setting, lalu meng-aktifkannya kembali. Simple bukan ?

2. Mengisi Ulang Baterai Smartphone

Beberapa smartphone sekarang jika dalam kondisi low bat, smartphone akan otomatis mengaktifkan mode hemat daya. Kondisi ini menyebabkan energi yang dikeluarkan smartphone sedikit sehingga transmisi sinyal pun sedikit pula.

Untuk itu solusinya adalah dengan mengisi ulang daya baterai smartphone kamu hingga penuh. Kamu bisa mengisi daya baterai menggunakan power bank saat tidak berada dirumah atau ditempat yang tidak mempunyai colokan listrik.

3. Memggunakan Operator Jaringan Seluler Yang Tepat

Namun terkadang sinyal hilang juga bukan disebabkan oleh smartphone itu sendiri, tapi karena operator seluler yang digunakan. Penyebabnya adalah jaringan operator seluler yang digunakan tidak memiliki jaringan yang kuat disekitar wilayah kamu.

Untuk itu kamu bisa bertanya terlebih dahulu kepada teman atau orang lain yang menggunakan operator yang sama atau berbeda. Dengan itu kamu bisa memilih opertor seluler yang tepat untuk digunakan.

Sebelum itu, kamu harus memastikan bahwa operator terkait tidak sedang mengalami masalah jaringan pada daerah tersebut.

4. Berpindah Kelokasi Yang Mempunyai Daya Tangkap Sinyal Yang Baik.

Cara ini cukup sederhana untuk mengecek sinyal smartphone yang bermasalah yaitu dengan mengecek lokasi kamu berada serta memeriksa smartphone yang kamu miliki. Pertama adalah mengetahui letak antena dismartphone kamu dan memastikannya tidak tertutup ketika berkomunikasi.

Terkadang kita tidak sadar dimana letak antena smartphone sehingga tidak mendapatkan jaringan dengan kualitas yang baik.

Cara lainnya adalah dengan berpindah tempat. Ketika kehilangan sinyal kamu bisa mencari tempat lokasi yang lebih tinggi atau tidak terhalang bangunan fisik sehingga mendapat jaringan yang baik untuk berkomunikasi.

5. Mengganti Mode Receiver Jaringan Seluler

Smartphone model sekarang dibekali teknologi yang bisa menangkap 3 jenis sinyal seperti 2G, 3G & 4G LTE (untuk yang mendukung.) Ini akan berhubungan dengan wilayah yang telah tersedia ketiga jaringan tersebut.

Kamu bisa mengganti mode penerimaan jaringan smartphone kamu secara otomatis dengan cara masuk kemenu settings > wireless & networks > mobile networks > network mode. 

Lalu mengatur penerimaan sinyal, saran saya pilihlah mode GSM only karena ada kemungkinan didaerah yang sinyal kurang baik belum mendukung sepenuhnya sinyal HSDPA atau WCDMA

6. Menggunakan Komponen Tambahan

Ketika jauh dari menara atau tower jaringan maka sinyal sering mendapat masalah. Trik lainnya adalah dengan menambah komponen / perangkat tambahan untuk memperkuat sinyal, atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Saya sarankan sebelum menggunakan perangkat tambahan ada baiknya mengetahui UU yang berlaku karena penggunaan perangkat penguat sinyal telah diatur dalam UU di Indonesia.

7. Melakukan Factory Reset

Trik mengatasi masalah jaringan yang sering mendadak hilang adalah dengan melakukan factory reset. Namun kamu bisa mencoba semua trik diatas sebelum melakukan trik ini. Lalu jika yakin ingin melakukan factory reset untuk solusi masalah jaringan smartphone kamu, ada baiknya kamu mem-backup data terlebih dahulu.

Cara melakukan factory reset yaitu dengan masuk kemenu settings > backup & reset > factory data reset.

Oke sekian dari saya tentang solusi sinyal smartphone yang sering bermasalah. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca.!

0 komentar:

Posting Komentar