7 Cara Pintar Mengecas Android Agar Lebih Cepat Terisi

Seiring perkembangannya banyak sekali smartphone android mempunyai fitur pengisian daya baterai yang lebih cepat atau fast charging. Namun fitur ini hanya terdapat sebagian saja pada smartphone android kelas low end dan mid end.

Tips Smart Mengecas Android Agar Lebih Cepat Terisi

Saya sendiri biasanya mengisi baterai smartphone yang saya miliki harus menunggu minimal 2,5 jam sampai terisi full 100 persen.

Setelah mencari dari beberapa sumber, saya menemukan beberapa cara mudah mengecas atau mengisi daya baterai android agar terisi lebih cepat. Trik simple ini bisa kamu andalkan jika smartphone kamu tidak mempunyai fitur fast charging meskipun pengisiannya tidak lebih cepat dari fitur tersebut.

Lalu apa sih cara pintar mengecas android ??


Berikut tips mengisi baterai android lebih cepat yang telah saya rangkum dari beberapa sumber yang mungkin bisa kamu coba dismartphone kamu. Simak triknya dibawah ini !

1. Menon-aktifkan Smartphone Android

Cara ini adalah dengan mematikan smartphone android kamu ketika sedang dilakukan pengisian daya baterai. Dengan tips ini smartphone kamu bakal melakukan pengisian daya lebih cepat karena seluruh aktivitas yang menggunakan daya baterai dimatikan semua.

Namun tips ini tidak bisa kamu lakukan jika kamu sedang menunggu kabar atau informasi yang penting dari orang - orang terdekat kamu.

2. Non-aktifkan Fitur Tidak Penting

Untuk pengisian daya android lebih cepat kamu bisa mematikan fitur - fitur tidak terpakai saat pengisian sedang berlangsung.

Ada beberapa fitur yang bisa kamu matikan saat pengisian daya baterai seperti GPS, NFC, Bluetooth, Wi-Fi, paket data internet dan fitur yang menggunakan daya baterai yang besar. Hal ini yang bisa kamu lakukan adalah dengan menutup semua aplikasi yang berjalan atau recent aplikasi.

3. Mengaktifkan Airplane Mode

Mengaktifkan airplane mode adalah cara simple mematikan semua koneksi jaringan termasuk internet dismartphone.

Mengisi daya baterai dengan mengaktfikan airplane mode terbukti meningkat kecepatan pengisian daya dikarenakan semua aktivitas jaringan yang memakan daya baterai dismartphone dimatikan. Selain itu mengaktifkan fitur ini juga memblokir sinyal wireless radio diandroid.

4. Menggunakan Charger Yang Tepat

Charger smartphone android umumnya bisa digunakan untuk kabel data dan bersifat universal atau satu charger bisa digunakan pada banyak smartphone android lainnya.

Menyambungkan kabel data dengan laptop atau PC memang bisa mengisi daya baterai, namun hal tersebut bukanlah pilihan yang tepat untuk pengisian daya baterai. Jika kamu menginginkan pengisian daya lebih cepat ada baiknya menghubungkan charger dengan sumber listrik langsung menggunakan charger.

Dipasaran android sudah banyak smartphone yang memiliki fitur fast charging namun charger yang digunakan tidak mengukung fitur tersebut, kan percuma saja seperti smartphone LG G4. Lalu jika ingin membeli charger yang mendukung fitur fast charging, ada baiknya tidak memilih sembarangan charger untuk meminimalkan risiko baterai meledak.

5.  Meng-aktifkan Mode Hemat Baterai

Hampir semua smartphone android yang berjalan disistem operasi Android Lollipop sudah dibekali fitur mode hemat baterai atau baterai saving mode. Untuk mengecas smartphone kamu agar lebih cepat terisi jangan lupa mengaktifkan fitur ini sebelum mencolokan charger keterminal listrik,

6. Tidak Menggunakan Smartphone Saat Pengisian Daya Baterai

Mengaktifkan layar smartphone secara terus menerus dan berulang - ulang adalah salah satu penyebab baterai smartphone cepat habis. Jika kamu ingin mengisi baterai smartphone dengan cepat maka tidak menggunakannya saat dicas adalah salah satu tips dari pembahasan artikel ini.

7. Kalibrasi Baterai

Kalibrasi baterai atau penggunaan baterai hingga daya 0 persen yang terlalu sering bisa mengurangi waktu hidup baterai sehingga mengakibatkan tidak sempurnanya pengisian baterai. Seperti pada bahasan dikomunitas android, isilah baterai minimal memiliki daya 5 persen.

Tips kalibrasi baterai adalah dengan menggunakan hingga 0 persen satu bulan sekali, lalu lakukan pengisian dengan mematikan smartphone hingga terisi 100 persen atau sampai full. Tips ini membuat baterai android kamu menjadi lebih awet dan cepat terisi.

Oke mungkin itu saja dari saya, tentang tips pintar pengisian daya baterai agar lebih cepat terisi. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca !!

0 komentar:

Posting Komentar