Tips Menghindari Baterai Smartphone Meledak

Akhir - akhir ini pengguna smartphone dikejutkan dengan kasus meledaknya smartphone dibeberapa negara yang kabarnya disebabkan oleh baterai yang digunakan. Secara tidak langsung hal ini mempengaruhi pikiran penggunanya tentang keamanan penggunaan smartphone serta keamanan komponen yang ditanam pada sebuah smartphone yang dipakainya.

Tips Menghindari Baterai Smartphone Meledak Dengan Mudah
Tips Perawatan Baterai Smartphone Agar Tidak Meledak


Hal ini menimbulkan perasaan khawatir apakah baterai lithium-ion yang digunakan pada ponsel pintar mereka itu apa bisa mengakibatkan ledakan juga ?

Menurut saya, tidak perlu khawatir tentang kasus ledakan smartphone tersebut karena nyatanya kasus seperti itu jarang terjadi. Namun demikian, sebagai pengguna aktif smartphone tidak ada salahnya kamu mengerti tips menghindari baterai smartphone meledak yang akan saya bahas dibawah ini !

5 Cara Menghindari Baterai Smartphone Meledak Dengan Mudah


Setelah merangkum dari beberapa sumber saya akan berbagi informasi 5 cara menghindari baterai smartphone meledak. Tips ini sebenarnya dilakukan dengan perawatan pada baterai smartphone. Lalu apa saja tipsnya ? Simak dibawah ini

1. Rawat Dengan Selalu Mengisi Daya Baterai

Demi mencegah kerusakan pada baterai, disarankan untuk memastikan baterai dalam kondisi penuh atau menjaga agar tidak low saat digunakan.

Dalam keadaan tertentu kamu harus mempertahankan kapasitas baterai karenanya baterai Li-ion selalu disarankan untuk selalu mempunyai daya yang cukup untuk aktivitas digital atau penggunaan sehari - hari.

2. Memilih Charger Yang Tepat

Terkadang kita sering lupa membawa charger yang asli atau bawaan produk. Lalu untuk mengisi daya baterai kita harus menggunakan charger yang lain. Hal ini tidak disalahkan namun dengan beberapa syarat.

Seperti yang saya rangkum dari teknoliputan6, diantaranya syarat tersebut adalah memastikan pengisi daya atau charger tersebut sesuai dengan perangkat yang digunakan.

Jika tidak, kamu bisa membeli charger baru yang asli atau ORI jika tidak menemukan pengisi daya yang sesuai dengan perangkat yang kamu gunakan.

3. Memastikan Baterai Tidak Berada Dalam Kondisi Yang Kosong

Pada kondisi tertentu, kamu mungkin tidak menggunakan smartphone dalam rentang waktu yang cukup lama atau smartphone mati seperti saat sedang beristirahat.

Untuk memastikan baterai tidak dalam kondisi rusak, kamu harus menyisakan setidaknya 50 % daya baterai dalam kondisi seperti yang saya jelaskan. Pastikan smartphone kamu tidak kehabisan daya baterai dalam waktu yang lama.

Menurut sumber yang saya dapatkan, ketika baterai tidak digunakan maka tiap bulannya benda ini akan kehilangakan kemampuan 5 - 10 persen atau tergantung penggunaannya.

Maka dari itu jangan biarkan smartphone kamu tidak digunakan dalam keadaan tanpa daya baterai dalam waktu yang lama.

4. Menghindari Kondisi Ekstrim

Mungkin beberapa pengguna smartphone sengaja mengisi daya listrik baterai dalam keadaan kosong atau nol persen. Penting untuk diketahui, cara ini tidak perlu dilakukan karena bisa mengurangi waktu hidup sebuah baterai jika dilakukan dengan cara yang salah.

Pengisian daya mulai dari 0 - 100 persen sering disebut "charge cycle". Charge cycle sebaiknya hanya dilakukan satu kali dalam satu bulan. Tips ini juga berfungsi untuk mengalibrasi ulang kapasitas sebuah baterai.

5. Menyimpan Smartphone Dalam Keadaan Suhu Normal

Suhu baterai merupakan masalah utama yang terjadi pada sumber energi smartphone ini. Overcharging sebenarnya tidak berpengaruh besar terhadap masalah baterai. Dari itu pastikan untuk tidak meninggalkan smartphone ditempat yang terlampau panas demi menghindari baterai meledak atau rusak.

Selain itu jangan meletakan ponsel pintar kamu ditempat bersuhu dingin yang berlebihan. Keadaan tempat bersuhu dingin atau panas yang berlebihan akan mempengaruhi performa baterai.

Oke itulah 5 tips menghindari baterai smartphone meledak dengan cara melakukan perawatan. Mungkin itu saja dari saya, semoga bermanfaat. Terima kasih telah membaca. Salam !

0 komentar:

Posting Komentar